• klik klas

Nabung Boleh, Tapi Jangan Menyiksa Diri Ya!



Haloo Klikers dan Teman Baik, gimana nih hari ini? Semoga kebahagian dan keberkahan selalu menyertai teman teman semua yang baca yaaa. Klikers dan Teman Baik diantara kamu pernah ada yang denger slogan “Menabung pangkal kaya” nggak sih? kayaknya dulu pas SD kita sering banget yaaa dengar slogan menabung pangkal kaya. Seakan akan penyebab kita kaya itu yaa ketika kita bisa menabung sebanyak banyaknya. Padahal jadi kaya tu nggak bisa ngandelin nabung doang tapi juga harus punya pendapatan yang selalu meningkat.


Ternyata menabung terus menerus tanpa memikirkan kebahagian kita di hari ini juga nggak bijak loh teman teman, tapi jika memang ada yang berpendapat berbeda nggak masalah yaa Klikers dan Teman Baik.


Kenapa aku nggak bilang nggak bijak? Karena ketika kita menabung terus menerus tanpa memikirkan kehidupan di hari ini, kita jadinya fokus ke masa depan dan lupa bahwa hari ini juga perlu kita nikmati. Jadi nggak mindfullness.


Kita terkadang lupa, saking kita nabung terus menerus dan dalam jumlah yang sangat banyak, kita jadinya ekstrem dalam mengirit untuk biaya hidup. Jadinya malah makan indomie setiap hari, hidup di kosan yang kurang layak. Pada akhirnya kita jadi sakit sakitan dan uang yang kita kumpulkan malah habis untuk pengobatan.



Kita kurang jalan jalan, saking kalau diajak jalan jalan kita beralasan nggak punya uang karena semua penghasilan yang kita punya, kita tabungkan. Padahal kita juga butuh loh sesekali untuk jalan jalan dan hangout bersama teman teman.


Jadi nggak papa Klikers dan Teman Baik, itu menjadi pos bulanan kita. Coba deh bayangin kalau kita prinsipnya nabung, nabung, nabung sampe kita jadi orang kaya. Eh ternyata kita meninggal duluan sebelum merasakan harta yang kita sudah dapatkan dengan lelah itu.

Jadi tetap bijak yaa Klikers dan Teman Baik dalam menabung.


Jangan sampe saking kita hobi menabung, kita lupa mengeluarkan uang untuk berdonasi atau berbuat baik sama diri kita dan orang lain.


Di sini aku nggak mengajarkan untuk boros atau menentang menabung yaa, tidak sama sekali. Akan tetapi di sini aku ingin mengajak untuk kita semua bijak dalam menabung agar kesehatan fisik dan mental kita tetap terjaga dan kita tetap bahagia menjalani hidup.



Jadi semangat untuk merencanakan masa depan tanpa lupa untuk menikmati hari ini yaaaa


Yuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


4 views0 comments

Recent Posts

See All