• klik klas

Mereka Bilang Begini, Tapi Kenyataannya Begitu!

“Aku kesal, orang tuaku selalu bilang supaya aku menghargai dan mendengarkan orang lain ketika mereka bicara tanpa memotongnya. Tapi, kenapa orang tuaku malah selalu memotong omonganku ketika aku bicara?”


“Katanya, aku nggak boleh sering-sering main hp. Eh, orang tuaku malah main hp terus. Aku harus gimana dong?”


Klikers dan Teman Baik, pernah mengalami hal seperti #TemaniTeman contohkan di atas? Ketika orang tua berkata kamu tidak boleh melakukan A, tetapi orang tuamu justru melakukan hal yang dilarangnya itu. Kadang, hal itu membuatmu kesal karena kamu merasa orang tuamu tidak menjalankan apa yang diajarkannya, ya. Lantas, apa yang bisa kamu lakukan?



Sebenarnya, semua orang tua pasti ingin kebaikan untuk anaknya. Mereka pun melarang kamu melakukan sesuatu karena, menurut mereka, hal itu tidak baik untukmu. Terlepas dari mereka melakukannya juga atau tidak, apa-apa yang diajarkan padamu tentu hal-hal baik.


Selama mereka mengajarkan hal baik, tentu baik juga untuk menurutinya. Misalnya, tidak boleh main HP terlalu lama karena mereka khawatir matamu jadi sakit, atau ingin kamu lebih peduli dengan dunia nyatamu. Hal itu tidaklah salah dan menjadi baik untuk dijalankan.


Namun, ketika justru mereka yang bermain HP terlalu lama hingga melupakanmu dan keluarga, kamu pun punya pilihan untuk mengingatkan secara baik-baik. Terlepas apa pun tanggapan mereka, setidaknya kamu mau memberikan yang terbaik juga untuk orang tuamu.



Pun ketika mereka memotong pembicaraanmu, tidak ada salahnya mengingatkan dengan baik dan sopan agar mereka bersedia mendengarkanmu terlebih dulu. Jangan langsung kesal dan men-judge mereka sebagai orang tua yang buruk apalagi toxic, ya!


Segala hal yang mereka berikan tentu terselip harapan agar kamu bisa #SelaluBertumbuh menjadi lebih baik setiap harinya. Kecuali, mereka melarangmu melakukan hal baik dan malah menyuruhmu melakukan hal buruk seperti mencuri, menyontek, atau berbuat jahat pada orang lain, tentu jangan diikuti.


Ambil baiknya, buang buruknya. Pegang saja prinsip itu terlepas dari bagaimana mereka berperilaku. Memang, sih, teladan yang baik dilihat dari perilakunya. Namun, ketika orang tua tidak bersikap seperti yang kamu harapkan, bukan berarti mereka menjadi orang tua yang buruk juga. Mungkin ada berbagai alasan yang membuat mereka “terpaksa” seperti itu.


Kamu selalu punya pilihan untuk mengingatkan atau membiarkan. Silakan gunakan hak pilihmu ini dengan bijak!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All