• klik klas

Meredam Overthinking dengan Belajar

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Adakah di antara kamu yang suka belajar? Atau ada yang masih suka susah mengontrol overthinking? Tahu nggak, ternyata belajar bisa jadi salah satu cara untuk meredam overthinking, loh!



Ketika kamu mengalami overthinking, tentu banyak hal yang berkeliaran dalam pikiran. Dari satu pikiran melompat ke pikiran lain dan terus seperti itu hingga entah di mana ujungnya. Biasanya, orang-orang yang overthinking ini kelewat selow pikirannya. Makanya jadi suka mikirin hal-hal yang mungkin belum terjadi dan terus berimajinasi.


Sayangnya, kalau kamu nggak bisa mengontrol imajinasi dan pikiranmu itu, kamu malah jadi membuang waktu yang bisa kamu gunakan untuk berkarya. Padahal, waktu hidup kita ini sangat sempit, iya nggak, sih? Ya, kecuali kamu memang merasa akan hidup selamanya jadi nggak masalah kalo sibuk overthinking-in sesuatu, hehe...



Sebenarnya, daripada overthinking dan terus diam di tempat, mending kamu coba bergerak dengan mempelajari hal-hal baru—atau memperdalam hal yang sedang kamu pelajari saat ini juga bisa.


Belajar pun bisa menjadi salah satu cara untuk meredam overthinking yang terjadi dalam pikiranmu. Ketika belajar, otak tentu akan berusaha fokus menyerap hal-hal baru yang sedang kamu pelajari. Memang, tak jarang pikiran-pikiran lain datang dan mengusik proses belajarmu. Namun, kamu pun punya pilihan untuk kembali fokus pada apa yang ada di hadapanmu atau justru mengikuti pikiran yang datang tiba-tiba yang entah akan membawamu ke mana.


Mending yang pasti-pasti dulu aja, deh!

Kalo yang pasti ada di depanmu adalah hal baru dan bermanfaat yang bisa dipelajari, tentu mengembalikan fokus belajar akan membuatmu menyerap ilmu baru dan jadi #SelaluBertumbuh. Pikiran yang mengusikmu tiba-tiba belum tentu bisa membuatmu terus bergerak maju, kan?



Gimana kalo kamu termasuk orang yang nggak suka belajar?

Cobain dulu aja. Belajar kan nggak harus hal-hal yang serius kayak matematika, fisika, atau rumus-rumus lain. Kalau kamu punya hobi menggambar, cobalah belajar teknik-teknik menggambar. Atau kalau kamu suka musik, pelajarilah beragam teknik bermusik. Dengan aktivitas yang lebih pasti dan jelas di depan mata, kamu bisa kok mengontrol overthinking-mu supaya tidak mengganggu.


So, bolehlah kamu coba PDKT sama belajar biar semakin suka dan cinta sama kegiatan belajar. Siapa tahu hasil pembelajaranmu bisa lebih bermanfaat untuk masa depan dibandingkan hanya diam termenung dan ovethinking-in hal-hal yang tak bisa diubah atau masa depan yang belum pasti. Sukses terus, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

3 views0 comments

Recent Posts

See All