• klik klas

Merdeka Dari Standar Hidup Orang lain


Haloo Klikers dan Teman Baik, kemarin kita sudah memperingati hari kemerdekaan Indonesia, ini tahun kedua kita merayakan hari kemerdekaan di masa pendemi, semoga tahun depan kita bisa merayakan kemerdekaan bebas pendemi yaa, pasti kangen banget kan bisa lepas masker, bisa upacara dan bisa ikut lomba lomba yang biasanya kita ikuti setiap hari kemerdekaan.


Kalau boleh tau apa sih arti kemerdekaan buat kamu? Kalau dulu yaa para pendahulu kita berjuang merdeka agar kita tidak dijajah lagi dan sekarang bersyukur kita sudah tidak dijajah bangsa asing lagi.

Tapi sadar nggak sih Klikers dan Teman Baik, tanpa kita sadari kita terjajah oleh diri kita sendiri, kita mengaku merdeka tapi kadang diri kita belum seutuhnya merdeka.


Kita masih belum bisa menentukan pilihan hidup sendiri dan belum bisa menemukan kebahagian yang kita mau dalam menjalani kehidupan.


Kita sering kali disibukan dengan standar orang lain, mulai dari standar kebahagian, standar kesuksesan, standar kecantikan dan standar standar lainnya. Kita sibuk memenuhi standar itu semua sampai lupa bahwa dengan kebahagian diri sendiri, kita lupa definisi sukses, cantik,bahagia kita itu seperti apa.


Kita jarang mendengarkan kata hati sendiri. Kita disibukkan dengan melihat orang lain ini dan itu sehingga kita mengikuti standar yang ada.


Ketika kita menginjak usia 25 misalnya, kita bisa aja sebenarnya punya tabungan 50 juta itu udah cukup bagi kita, tapi masyarakat bilang 25 tahun itu harusnya tabungan kita di rekening minimal 100 juta, akhirnya kita nggak tenang karena rekening kita nggak nyampe 100 juta, kita merasa gagal sebagai manusia, padahal tidak ada kata gagal dengan pencapaian kita.


Contoh lain ketika usia kita 25 misalnya, harusnya kita sudah menemukan pasangan hidup dan memiliki anak tapi ternyata hari ini kita masih duduk sendiri di kafe menikmati secangkir kopi, padahal kita merasa tetep bahagia tanpa pasangan, kita punya karir yang bagus, kita mempunyai banyak teman tapi kita tetap merasa gagal karena belum punya pasangan. Kita merasa diburu buru oleh masyarakat karena standar yang ada.


Oleh karena itu Klikers dan Teman baik, pada hari kemerdekaan ini, kita perlu merdeka dari standar orang lain, standar orang lain jika kita terus ikuti kita akan stress sendiri dan bahkan seringkali mendorong kita untuk memilih pilihan hidup yang sebenarnya tidak kita inginkan. Diburu buru oleh banyak hal.


Hari ini nikmati kebahagianmu meskipun hanya duduk manis depan layar laptop

Jadi yuk merdeka dari standar orang lain mulai hari ini, kita #SalingBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

8 views0 comments

Recent Posts

See All