• klik klas

Merasa Nggak Berbakat? Baca Ini Dulu!

Klikers dan Teman Baik, apa kamu masih sering bertanya-tanya sebenarnya bakatmu itu di bidang apa? Apakah bakat berubah-ubah? Ataukah kamu masih bingung juga sebenarnya bedanya bakat dan minat itu apa?



Pada dasarnya, bakat memang cenderung menetap dan tidak berubah. Berbeda dengan minat yang sering kali berubah-ubah karena didasari oleh kesukaan dan ketertarikan diri yang juga berubah. Perubahan minat ini terjadi karena terjadi pertukaran informasi dan pengalaman yang dialami oleh individu. Biasanya, pengalaman menyenangkan akan membuat seseorang semakin suka pada satu hal, begitu pula sebaliknya. Jika pengalaman kurang menyenangkan terjadi cenderung menurunkan minat pada satu hal.


Nah, apa hubungannya minat dengan bakat?



Bakat yang sejalan dengan minat tentu akan membuatmu berkembang dengan lebih maksimal. Misalnya, kamu sangat menyukai dunia seni musik dan ternyata kamu pun berbakat dalam mempelajari berbagai alat musik dengan cepat. Hal ini tentu akan membuatmu lebih mudah menguasai bidang tersebut dibandingkan orang lain.

Namun, jika kamu punya minat di bidang tersebut tapi ternyata butuh waktu lama dalam menguasainya, jangan menyerah dulu! Mungkin kamu akan merasa dirimu nggak berbakat dan nggak layak menguasai hal tersebut. Akan tetapi, sebenarnya semua itu bisa dikuasai dengan ketekunan, minat, dan motivasi yang kuat. Bahkan orang yang berbakat pun bisa kalah dari mereka yang berusaha maksimal jika mereka hanya mengandalkan bakat tanpa mengasahnya.



Seperti pisau yang tumpul, ia bisa menjadi tajam jika diasah. Begitu pula bakat yang minat. Perbedaannya hanyalah perihal seberapa cepat seseorang menguasai satu hal. Orang yang berbakat mungkin bisa lebih cepat menguasainya. Namun, jika kamu—yang merasa tak berbakat—mau terus berjuang dan mengasah minatmu agar #SelaluBertumbuh, tenang saja. Kamu pun bisa punya “bakat yang dibentuk”.


Berbakat atau tidak, jika kamu memang memiliki minat di satu hal dan ingin menguasai hal tersebut sampai jadi ahli dan pro, teruslah berlatih dan mengasah kemampuanmu. Katanya, bakat hanya bekerja 10% dalam proses hidup kita dan 90%-nya adalah usaha, ketekunan, motivasi, juga semangat diri untuk berkembang.



So, fokuslah pada hal yang bisa kamu kontrol dan kembangkan, yaitu usaha, ketekunan, dan motivasi. Jika kamu bisa meningkatkan kemampuanmu, tentu kamu pun bisa berkembang seperti mereka yang berbakat sejak kecil.

Terus semangat untuk berkembang, ya! #TemaniTeman


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

3 views0 comments

Recent Posts

See All