• klik klas

Menyimpan Masalah Sama Halnya Merusak Kesehatan Mental

Haloo Teman Baik!

Dalam hidup ini, kita pasti pernah merasakan yang namanya resah dan gelisah, ada banyak di hidup kita yang terkadang terjadi tidak sesuai rencana dan harapan, kadang ada banyak beban yang kita pikul dan menghantui pikiran kita setiap malamnya. Kita menyimpan sendirian karena kita nggak mau menyulitkan orang lain, kita sadar bahwa semua orang juga pasti sibuk dengan permasalahanya sendiri, tapi teman baik apakah kalian tau bahwa menyimpan sendirian masalahmu bukan hal yang bagus untuk kesehatan mental kamu?

"Menyimpan sendirian masalahmu akan membuat kamu merasa sendirian menghadapi kesedihanmu, kamu bisa jadi merasa tidak ada yang peduli denganmu, padahal orang lain bukan nggak peduli hanya saja mereka memang nggak tau apa yang sedang kamu hadapi."

Jadi, berbagi resah, masalah, gelisah itu nggak papa ko, asalkan ke orang yang tepat dan memang mau mendengarkan dengan tulus, jadi hubungilah segera teman kamu yang sekiranya bisa mendengarkan kegelisahanmu sekarang.


Terkadang mungkin kamu berpikir, kamu tidak butuh orang lain, kamu bisa menghadapinya sendiri tapi lihatlah dirimu sendiri sekarang? Bukankah pundak kamu semakin berat? Bukankah kesedihanmu semakin tidak terkendali? Bukankah kamu semakin sering menangis?

Jika jawabanya iya, sudahi berpura pura kuat dan dan hubungilah temanmu. Berbagilah bersamanya. Banyak ko sebenarnya teman kamu yang tulus ingin mendengarkan ceritamu tapi terkadang dirimu sendirilah yang membatasinya dan terjebak dengan pikiran bahwa orang lain akan merasa terbebani dengan ceritamu.


Ketika kamu membagi bebanmu dengan bercerita kamu juga akan merasa punya dukungan sosial dari teman kamu meskipun tidak akan membuat masalahmu hilang tetapi setidaknya resahmu sedikit berkurang. Ketika kamu membagi bebanmu dengan bercerita, stress kamu juga akan berkurang, ada banyak hal yang sebenarnya akan kamu dapatkan ketika kamu mau berbagi keresahanmu dengan orang lain.


Ketika kamu banyak masalah, resah gelisah kamu rasakan, kamu juga terkadang buntu untuk berpikir, kesedihanmu kadang membuat pikiranmu tidak rasional, dengan berbagi dengan orang lain kamu bisa meminta temanmu untuk memberikan solusi. Bagaimanapun, dalam keadaan kalut kamu butuh orang lain untuk berpikir rasional.


Jadi teman baik, jangan ragu yaa untuk berbagi resah kepada orang lain, jujurlah kepada mereka tentang apa yang kamu rasakan, cari orang terpercaya yang membuatmu nyaman untuk berbagi cerita dan jangan lupa untuk bangkit lagi dan bahagia lagi yaa

Semangaat teman baik!

0 views0 comments

Recent Posts

See All