• klik klas

Menyimpan Barang Bukan Menyimpan Kenangan

Hei, Klikers dan Teman Baik!

Apa kamu tipe orang yang senang menyimpan barang-barang penuh kenangan? Ketika mau dibuang, rasanya sayang banget dan mungkin pada akhirnya kamu terjebak pada pemikiran bahwa mungkin barang itu akan berguna di masa depan—padahal belum tentu.


Ternyata, kebiasaan menyimpan barang dan enggan untuk mengurangi barang-barang yang sudah tak digunakan lagi itu bisa memengaruhi kesehatan mentalmu, loh! Kamar yang penuh dengan banyak barang kenangan bisa membuatmu kesulitan mendapatkan ruang untuk meletakan barang baru yang sebenarnya lebih kamu butuhkan. Jika pada akhirnya kamu malah tidak memiliki ruang bernapas di kamar karena saking penuhnya barang, kamu bisa merasa overwhelmed dan tidak tenang.


Biasanya, ketidakmampuan diri membuang barang-barang adalah karena kamu terlalu terikat pada kenangan yang melekat di barang itu. Kenangan yang menurutmu berharga dan kamu khawatir akan terlupa jika kamu membuang barang itu. Padahal, kamu selalu bisa menyimpan kenangan dalam tulisan—seperti tulisan-tulisan di #TemaniTeman :D

Menyimpan kenangan tidaklah harus membiarkan barang yang berkaitan juga disimpan. Dalam hidupmu, kenangan demi kenangan, emosi demi emosi akan terus hadir. Nggak mungkin dong kamu terus-terusan menyimpan segala macam barang yang berkaitan? Kecuali, barang-barang itu memang sedang kamu gunakan.


Ada baiknya, kamu belajar untuk melepaskan emosi dari barang-barang yang ada. Belajar juga untuk melepas barang-barang yang sudah tidak digunakan dan mengeliminasinya dari kotak penyimpanan. Mungkin, kamu bisa tanyakan hal-hal ini ketika memilah-milah barang:


- Sudah berapa lama kamu simpan barang itu?

- Selama menyimpannya, berapa kali kamu menggunakan dan membutuhkan barang itu?

- Jika dibuang/dieliminasi, apakah akan membahayakan kelangsungan pekerjaan dan kehidupanmu saat ini?




Setiap barang dan benda pasti memiliki masa gunanya. Jika kamu sudah tak membutuhkannya, lebih baik relakanlah untuk melepas mereka. Kenanganmu bersama barang-barang itu akan tetap tersimpan dalam hati.


Mungkin rasanya memang sayang banget, ya, melepas barang dengan kenangan berharga. Namun, lebih sayang lagi kalau fungsi kamar sebagai tempat bersantai dan kebutuhan akan tempat bersih justru dipenuhi oleh tumpukan barang-barang yang sudah tidak berfungsi. Hal itu juga bisa membuatmu terlalu terikat pada masa lalu hingga kesulitan melangkah ke masa depan untuk #SelaluBertumbuh.


So, yuk, coba pilah lagi barang-barang mana yang bisa disimpan karena masih dibutuhkan sesuai fungsinya dan mana yang bisa dibuang. Lingkungan bersih dan sehat akan membuat kesehatan mentalmu pun terjaga dengan baik!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

9 views0 comments

Recent Posts

See All