• klik klas

Menyalahkan Diri Sendiri Itu Melelahkan Tau!

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Kesalahan tentu tidak pernah lepas dari dirimu. Sering kali, ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana dan mungkin kamu merasa semua adalah salahmu. Pun ketika ada orang yang membencimu, menjauhimu, dan menyakitimu, mungkin kamu pun merasa semua adalah salahmu yang tidak bisa memenuhi ekspektasi mereka.


Akan tetapi, kamu tahu nggak?

Menyalahkan diri sendiri itu melelahkan sekali, lho. Menyalahkan diri sendiri justru akan melemahkan dirimu dan membuatmu tidak percaya diri lagi. Kamu pun bisa menjadi cemas terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dicemaskan. Memang, ada beberapa hal yang terjadi tersebab kesalahan dari dirimu. Misalnya, saat mencuci piring, piringnya sangat licin dan tanpa sengaja piring itu jatuh lalu pecah. Namun, itu hal yang tidak sengaja terjadi bukan?


Sama halnya seperti ketika ada orang yang sakit hati karena perkataanmu. Dia merasa kamu menyinggungnya, padahal sebenarnya kamu hanya mengucapkan hal-hal netral saja. Dia yang sakit hati lalu bilang padamu dan menyalahkanmu atas perasaannya. Kamu pun jadi merasa bersalah dan terus menerus menyalahkan diri sendiri padahal hal itu bukanlah sebuah kesengajaan.

Terkadang, kamu memang perlu membedakan mana kesalahan yang terjadi secara sengaja ataupun tidak. Jika kamu melempar piring dan membuatnya pecah dengan sengaja, jelas itu perbuatan yang salah. Akan tetapi, beda cerita kalau kamu memecahkan piring dengan tidak sengaja. Keduanya mungkin memang menjadi sebuah kesalahan yang akan berdampak pada hal-hal lain di masa depan. Namun, apakah menyalahkan diri sendiri menjadi sebuah solusi?


Tidak, ya, Teman Baik.

Menyalahkan diri sendiri terus menerus hanya akan membuatmu diam di tempat. Alangkah lebih baik jika kamu berusaha meminta maaf pada orang yang tersakiti karenamu, pun belajar untuk memaafkan dirimu sendiri. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan lewat kesalahan itulah kamu belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Menyalahkan diri sendiri tidak akan mengubah apa yang sudah terjadi. Tapi, jadikan kesalahan itu pelajaran di masa depan. Maafkanlah dirimu, peluklah dirimu sendiri, dan yakinlah bahwa kesalahan hadir untuk membuatmu belajar, bukan untuk membuatmu membenci dan terus menyalahkan diri sendiri. Jangan hanya #TemaniTeman yang butuh dihibur, tetapi temani juga dirimu untuk berproses memaafkan diri sendiri.

Semoga kamu #SelaluBertumbuh dengan belajar dari kesalahan dan memaafkan diri sendiri, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

6 views0 comments

Recent Posts

See All