• klik klas

Menolong Tidak Seharusnya Membuat Orang Jadi Bergantung

Klikers dan Teman Baik, tentu selama hidup ini kamu pernah menolong orang, setidaknya sekali seumur hidup. Terkadang, hal menyenangkan dari menolong orang lain adalah timbul rasa lega atau bahagia karena melihat mereka tidak lagi kesulitan atau cukup senang karena mendapatkan ucapan terima kasih. Tak jarang, ada pula yang merasa senang dan merasa hidupnya berguna ketika orang yang ditolong menjadi bergantung padanya.


Namun, sebenarnya makna menolong yang baik itu seperti apa, sih? #TemaniTeman



Aktivitas menolong orang lain sebenarnya sudah menjadi aktivitas terpuji. Melihat orang lain bergantung pada diri ini pun seolah memunculkan rasa bahwa dirimu sangat dibutuhkan dan sangat berguna. Hanya saja, ketika mereka bergantung pada pertolongan darimu, mereka tidak bisa mandiri. Mereka akan kesulitan untuk menyelesaikan masalah jika kamu tidak ada. Jika pertolonganmu justru membuat orang lain bergantung padamu, ini bukanlah hal yang baik.


Sejatinya, menolong yang baik adalah memberikan pertolongan yang bisa membuat mereka mandiri dan mampu menyelesaikan permasalahan sendiri ke depannya. Tidak apa-apa jika di awal, kamu memberikan bantuan dan pertolongan pada mereka. Namun, jangan sampai pertolongan yang kamu berikan malah membuat mereka bergantung dan tidak mau menyelesaikan masalahnya sendiri.



Misalnya, ketika ada seorang temanmu yang kesulitan mengerjakan PR, kamu ingin menolongnya dengan memberitahukan jawaban dari PR itu. Jika dengan mudahnya kamu memberikan sontekan jawaban pada temanmu, tak menutup kemungkinan dia jadi bergantung dan ingin terus menyontek jawabanmu. Lain halnya jika kamu ajari dia perlahan-lahan. Ajari konsepnya dan ajak dia menemukan jawabannya sendiri. Tentu hal ini tidak akan membuatnya bergantung pada jawaban yang kamu berikan. Dia akan belajar untuk memaksimalkan kemampuan diri dan menyelesaikan PR-nya sendiri.



So, kalau kamu mau menolong orang lain pastikan bantuanmu tidak membuat mereka bergantung, ya. Kalau mereka malah bergantung pada pertolonganmu, artinya ada yang salah dari caramu menolong mereka. Tidak apa-apa, kesalahan membuatmu belajar menemukan cara yang lebih tepat. Asalkan, kamu mau belajar dari kesalahan itu.

Menolong yang baik adalah yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk #SelaluBertumbuh, bukan yang membuat mereka bergantung padamu.


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All