• klik klas

Menjaga Kesehatan Mentalmu Dengan Berolahraga



Haloo Klikers dan Teman Baik, kalau boleh tau kapan k­­alian terakhir olahraga? Apa olahraga favorit kalian? Atau udah lama nggak olahraga? Kalau kamu udah jarang berolahraga, setelah baca artikel ini simpan gadgetmu dan mulai olahraga ringan yaa..


Semenjak pendemi nggak bisa dipungkiri yaa karena kita terus terusan di rumah, perilaku kita jadi banyak berubah salah satunya jarang berolahraga dan banyak rebahan, tapi banyak juga loh Klikers dan Teman Baik gara gara pendemi orang punya banyak waktu di rumah dan malah lebih sering berolahraga.


Olahraga selain menyehatkan tubuh kamu juga dapat menjaga kesehatan mental loh. Apalagi di masa pendemi ini banyak hal yang memicu kita menjadi stress, banyak kabar duka, cemas terkena corona, ingin bercerita tapi nggak tau harus ke siapa dan hal hal lainya. Banyaak banget yang bisa bikin kita stress. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan mental kita salah satunya dengan berolahraga.


Dengan berolahraga membuat pikiran kita lebih jernih dan mengurangi ketegangan. Jadi kalau kamu suntuk dengan kehidupan, coba deh kamu berolahraga, kamu bisa melakukanya di rumah dengan bantuan youtube atau kamu bisa lari di tempat yang tidak banyak orang dan jangan lupa tetap memperhatikan protokol kesehatan yaa.


Ketika kamu berolahraga di saat stress misalnya, olahraga dapat mengalihkan pikiran kamu, energi kamu akan tersalurkan pada olahraga.


Bahkan aku pernah membaca artikel, olahraga seperti aerobik dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular loh Klikers dan Teman Baik, olahraga ini akan membuatmu dapat bersikap tidak terlalu berlebihan menyikapi suatu masalah. Selain aerobik aktivitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah berjalan kaki, bersepeda, renang, joging dan yoga. Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan, olahraga juga membuat kamu jauh lebih bahagia loh, banyak orang yang terkena depresi salah satunya adalah karena mereka jarang bergerak dan hanya mengurung diri di kamar.


Padahal manfaat olahraga ini terbukti berhasil dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin.. Jadi kalau kamu hari ini masih sering berdiam di kamar sendirian, rebahan seharian dan merasa sedih terus menerus, kamu bisa merutinkan olahraga dan coba kamu rasakan perubahanya, mungkin memang nggak akan langsung terasa manfaatnya satu atau dua kali tapi kamu akan merasakanya jika kamu sudah rutin melakukanya.

Yuk sudahi rasa malasmu, mari #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S.Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

7 views0 comments

Recent Posts

See All