• klik klas

Menjaga Kesehatan Mental Dengan Berbagi Makanan

Haloo Klikers dan Teman Baik, pernah nggak sih ngerasa makanan yang sama akan beda rasanya ketika dikasih sama beli sendiri? Apalagi dikasihnya sama orang terkasih? Biasanya lebih enak kan ya? Selain perut kenyang, lidah termanjakan, hati juga merasa senang karena merasa diperhatikan dan diingat.

Itu dari persefektif yang dikasih ya, terus gimana dari persefektif yang ngasih? ternyata memang berbagi juga banyak manfaatnya loh teman baik. Bermanfaat untuk kesehatan mental juga spiritual.

Seperti yang kita ketahui, berbagi adalah ajaran agama kan?


Agama manapun mengajari tentang berbagi apalagi agama Islam.


Dalam islam berbagi sangat besar pahalanya apalagi berbagi makanan. Ternyata berbagi bisa menjadi salah satu amal jariyah loh. Amal jariyah yaitu amalan yang ketika kita meninggal akan terus mengalir pahalanya.

Dengan memberi makanan, makanan itu akan menjadi daging dalam orang yang kita kasih dan ketika orang itu melakukan kebaikan, pahalanya akan mengalir kepada kita. Oleh karena itu, banyak orang yang berlomba lomba berbagi makanan untuk sesama.


Nah, bagaimana hubungan dengan kesehatan mental kita? ternyata dengan berbagi ini bermanfaat banget untuk kesehatan mental.

"Ketika kita berbagi, otak kita meningkatkan produksi hormon dopamine."

Hormon dopamine adalah hormon yang menghasilkan perasaan bahagia bagi manusia. Jadi, ga perlu tuh konsumsi obat terlarang untuk mendapatkan hormon dopamine. Cukup berbagi dengan sesama kamu sudah bisa dapetin hormon itu.


Selain hormon dopamine, berbagi juga akan menghasilkan hormon lain loh, yaitu hormon oksitosin yang akan membantu kamu untuk mengurangi stress yang lagi kamu rasain. Masalah yang lagi kamu hadepin memang nggak akan selesai dengan berbagi tetapi setidaknya stressnya akan berkurang ketika kamu berbagi.


Selain hormon oksitosin dan dopamine itu yang kamu dapetin, ternyata dengan berbagi, tekanan darah juga bisa menurun loh teman baik, kenapa? Karena dengan berbagi kita akan mendapatkan hormon dopamine yang membuat kita bahagia, ketika kita bahagia tekanan darah stabil. Jadi untuk kamu yang mempunyai masalah dengan tekanan darah mungkin ini bisa jadi salah satu hal yang bisa kamu lakukan ya..


Semangat berbagi teman baik!

1 view0 comments

Recent Posts

See All