• klik klas

Menjaga Akademik dan Kesehatan Mental

Hei, Klikers dan Teman Baik!

Di setiap tahun ajaran baru, tentu ada beberapa di antaramu yang membuat target-target akademik supaya lebih semangat menjalani sekolah dan kuliah. Namun, tidak jarang juga di antaramu ada yang justru merasa tertekan dengan target-target akademik. Ditambah lagi jika orang tuan mengharapkan banyak hal darimu.


Hmm, rasanya kalau seperti itu bukannya akademik terjaga, malah bisa jadi ngedrop bersamaan dengan kesehatan mental yang nge-drop juga. Duh, jangan sampai deh kamu merasakan kedua hal itu turun. Mending kamu coba beberapa tips—yang sudah #TemaniTeman rangkum dari situs Psychology Today—untuk menjaga akademik dan kesehatan mentalmu tetap baik.

Gimana caranya?


1. Buat Ekspektasi yang Rasional

Siapa sih yang nggak mau dapet nilai A penuh di akhir semester? Tentu semuanya mau, termasuk mungkin kamu. Namun, coba pertimbangkan lagi jika kamu ingin membuat ekspektasi setinggi itu. Bukan tidak mungkin, tetapi kamu perlu pertimbangan kemampuan dan berbagai faktor lain. Daripada membuat ekspektasi terlalu tinggi dengan berharap semua nilai dapat A, kamu bisa mulai dari paling tidak ada 2-3 yang nilainya A. Jadinya, kamu bisa lebih rasional dalam menentukan target dengan mengukur prioritas dan tidak tertekan untuk terlalu keras pada dirimu sendiri.



2. Beri Reward pada proses, bukan hasil

Meski ada ekspektasi pada hasil, tetapi jangan menunggu hasil keluar baru memberi reward. Kamu sudah melakukan yang terbaik dalam prosesnya sehingga proses pun perlu kamu beri penghargaan. Ini menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mentalmu juga supaya tidak stres mengejar target hingga lupa beri penghargaan pada diri. Ingat, bahwa proses pun penting dan perlu dihargai sebelum hasil itu sendiri.




3. Latihan Self-Care

Sudah capek belajar, nugas sampai begadang, tapi kamu nggak tahu caranya memperhatikan kebutuhan tubuhmu bisa bikin kesehatan mentalmu semakin menurun. Kamu perlu latihan untuk memerhatikan diri, self-care, dengan tidur yang cukup, pakai masker wajah, mandi tepat waktu, makan tepat waktu, dan berbagai hal pokok hingga sampingan lain yang dibutuhkan tubuhmu. Kenali kebutuhan dirimu dan berlatihlah untuk peduli pada dirimu sendiri sebelum melanjutkan kembali target-target akademikmu.


Ini hanyalah tiga cara singkat yang bisa dijadikan rekomendasi. Jika kamu mau menambahkan untuk kebutuhan dirimu sendiri, tidak masalah. Intinya, seimbangkan ekspektasi akademikmu dengan kesehatan mental yang perlu kamu jaga. Jangan sampai mengorbankan salah satunya, ya.


Semoga kamu bisa #SelaluBertumbuh!

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All