• klik klas

Menjadi Bahagia Dengan Berbagi Cerita

Haloo Klikers apa kabar? Semoga selalu sehat dan tetap waras yaa.. di masa pendemi ini ada banyak banget yang menganggu kesehatan mental kita, kabar duka yang rasanya ridak pernah berhenti sampai kepada kita, ketidakpastian kapan ini berakhir, dan hal hal lain yang bikin kita sedih, tapi tenang aja klikers, aku punya solusi yang mudah untuk dilakuin untuk kalian. Iya, betul sesuai judulnya tetap bahagia dengan berbagi cerita.

Kira kira kenapa yaa dengan berbagi cerita kita bisa jadi bahagia atau setidaknya beban kita berkurang?


Ada loh penelitianya yang mengatakan bahwa dengan bercerita bisa mengurangi kadar stress kita.

Coba deh kita buktikan kalau misal hari ini kita sedih, hari ini kita kesepian, hari ini kita khawatir, kita cari teman agar kita bisa bercerita dan tetap bahagia. Aku ga bilang sedih, khawatir, kesepian itu tidak boleh ya, boleh kok merasakan perasaan itu semua asalkan jangan sampe terpuruk dan kita harus berusaha untuk keluar dari sana dan bahagia kembali.


Nah, salah satu caranya dengan bercerita. Jangan terbiasa memendam beban, kesedihan, kekhawatiranmu sendirian karena seiring berjalannya waktu, menekan emosi negatif dapat menyebabkan kemarahan atau kecemasan.


Akibatnya, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh atau menyebabkan lonjakan hormon stres. Selain itu, memendam emosi negatif dapat menyebabkan depresi dan terkait dengan peningkatan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.


Jadi sebelum efek samping itu datang, yuk kita hindari dengan bercerita.

"Kamu jangan menangung beban sendirian, berat, yuk berbagi sekarang.”

Akan tetapi, nggak semua orang bisa kita paksa untuk diajak berbagi cerita ya klikers dan Teman Baik,, ada orang yang memang bukan orang yang tepat untuk berbagi karena dia mungkin tidak bisa merespon cerita dengan baik atau dia tidak bisa menjaga rahasia. Jadi, sebelum kamu cerita kamu harus selektif cari teman untuk berbagi cerita.


Jangan sampai yang tadinya kamu ingin menumpahkan apa yang kamu rasakan agar lebih tenang dan tetap bahagia, kamu malah semakin stress karena ceritamu tersebar ke mana mana dan respon saat cerita dari dia kurang baik. Hal ini memang wajar,


karena kita memang tidak bisa memaksa orang lain untuk menjadi teman yang nyaman untuk berbagi cerita.


Apalagi jika memang dia tidak sepenuh hati mendengarkan hanya karena kasihan misalnya.

Jadi carilah teman yang kamu percaya ya, jika tidak ada teman satupun, gapapa ko untuk datang ke profesional hanya untuk bercerita..


2 views0 comments

Recent Posts

See All