• klik klas

Mengisi Kembali Cinta yang Pudar

Klikers dan Teman Baik, apakah kamu pernah berpikir kalau suatu saat kadar cintamu pada seseorang akan menghilang? Atau kamu termasuk pribadi yang merasa cinta selalu punya cara untuk terus terisi dalam setiap hubungan?

Nyatanya, kadar cinta seseorang sebenarnya memang bisa memudar. Rasa cinta yang dulu menggebu-gebu dan tumpah ruah, jika tidak diperbarui setiap harinya tentu akan menciptakan kehambaran rasa dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan keluarga, saudara, terlebih hubungan romantis.


Seperti sebuah teko yang terisi penuh air, akan habis jika airnya terus menerus dituang. Cinta pun demikian. Oleh karena itu, mungkin kamu perlu mengetahui cara-cara terbaik untuk memperbarui cinta dalam dirimu agar semakin lama menjalin hubungan dengan orang lain, cinta dan kasih sayang itu akan terus ada menghangatkan hubungan kalian.

Gimana, sih, caranya?


Ada tiga hal yang bisa dilakukan menurut #TemaniTeman, yaitu:

1. Pertahankan atau Lepaskan

Ketika kadar cinta dan kasih sayang mulai memudar, biasanya kamu akan diambang pilihan untuk mempertahankan atau melepaskan hubungan itu. Lakukan pertimbangan yang matang sebelum mengambil keputusan, ya, karena ini akan memengaruhi cara berikutnya untuk berdamai dan memperbarui rasa cinta yang memudar.


Jika kegalauanmu justru dalam hubungan keluarga yang tidak bisa kamu lepaskan, atau kamu juga ingin mempertahankan hubungan dengan pasanganmu, cobalah cara kedua.

2. Menemukan kembali alasan untuk mencintai

Meski banyak yang mengatakan bahwa cinta dan kasih sayang itu tidak butuh alasan, sejatinya semua pasti memiliki alasan. Bahkan, kenyamanan atau ikatan darah pun dapat menjadi alasan diri untuk terus membarui rasa sayang dan cinta yang ada.


Hanya, ketika cinta mulai memudar dan rasa hambar menggantikannya, barang kali kamu bisa coba menemukan kembali alasan untuk mempertahankan dan memperbarui cinta itu. Namun, jika alasan itu benar-benar sudah tak mampu kamu temukan, mungkin kamu bisa beralih ke cara ketiga.

3. Mengisi Cinta dalam Diri

Kadang, terlalu sering bertemu dan berhubungan bisa membuat kejenuhan itu hadir. Tidak hanya dalam hubungan romantis, dalam hubungan keluarga pun bisa terjadi. Mungkin, bisa disebabkan karena kamu terlalu banyak memberi tanpa menerima.


Oleh karena itu, barang kali kamu bisa mencoba mencari cara untuk mengisi cintamu sendiri dari hal lain, misalnya me time untuk melakukan hobi yang kamu senangi, berjalan-jalan, atau sekadar membaca artikel tentang cara terbaik berdamai dengan kondisimu. Dengan demikian, kamu tak perlu menunggu orang lain yang mengisi kebutuhan akan cinta milikmu.

Tiga hal di atas mungkin tidak selalu cocok untuk dirimu. Namun, tidak ada salahnya kamu mencoba satu-satu untuk #SelaluBertumbuh dan mengisi kembali kadar cinta yang mulai memudar, ya! Selamat mengisi kembali cintamu!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

15 views0 comments

Recent Posts

See All