• klik klas

Menghadapi Ketidakpastian yang Sering Terjadi

Klikers dan Teman Baik, pernah nggak sih kamu sedang ikut sebuah seleksi—seleksi organisasi, kerja, beasiswa, atau seleksi lainnya—dan saat menunggu pengumuman ternyata pengumumannya diundur? Atau justru dimajukan tiba-tiba?


Wah, rasanya pasti deg-degan nggak karuan, ya. Apalagi kalo kamu mengharapkan bisa lolos di seleksi yang kamu ikuti itu. Ketidakpastian seperti itu sering kali bikin diri semakin cemas dan takut untuk mengharap berbagai macam harapan. Takut gagal lagi, takut nggak keterima, takut mengecewakan, dan beragam takut lainnya.


Lantas, ada nggak sih caranya menghadapi ketidakpastian semacam itu supaya hati tetap tenang?



Tentu ada, dong!

Meski sebenarnya cara ini sudah biasa dibicarakan dan sering dijadikan saran, tidak ada salahnya #TemaniTeman kembali mengingatkan Klikers dan Teman Baik agar semakin klop sama yang namanya ketidakpastian.


1. Persiapkan Segala Kemungkinan

Kalau kamu berharap sesuatu dan yang kamu harapkan itu tercapai, mempersiapkan hal-hal setelahnya jadi lebih mudah, ya. Biasanya, yang susah adalah ketika yang diharapkan tidak kesampaian. Apalagi kalo kamu nggak ada persiapan sama sekali, biasanya diri malah bingung dan terpuruk meratapi harapan yang musnah. Itulah mengapa, baik sesuai harapan ataupun sebaliknya, kamu perlu banget mempersiapkan segala sesuatunya. Tanyakan pada dirimu, sekiranya yang terjadi tidak sesuai harapan, apa yang akan kamu lakukan setelahnya?



2. Tuliskan Rencanamu Agar Langsung Gas!

Nah, rencana dan persiapan yang dilakukan itu jangan hanya dipikirkan saja, tetapi tulis juga. Biasanya, kalo sudah kebawa suasana, kamu bisa lupa apa-apa saja yang perlu dan mau kamu lakukan. Supaya nggak lupa dan terhanyut dalam suasana, tulis semua rencanamu. Biar nanti, apa pun hasil yang kamu dapatkan, kamu tinggal gas saja sesuai rencana yang sudah ditulis.


3. Doa, doa, doa

Dalam menghadapi ketidakpastian, mempersiapkan dan merencanakan segala kemungkinan memang perlu dilakukan. Namun, satu hal yang tak boleh dilupakan adalah berdoa! Doa yang kamu panjatkan bisa menjadi salah satu sumber penenang hati yang mulai gelisah dengan segala ketidakpastian. So, usaha jalan, doa juga jangan lupa diperbanyak, ya!



Ketidakpastian adalah hal yang pasti terjadi dalam hidup. Oleh karenanya, supaya terbiasa dan bisa temenan sama ketidakpastian, kamu perlu berlatih tiga hal di atas. Berdamai dengan ketidakpastian bisa membuatmu #SelaluBertumbuh menjadi pribadi yang lebih fleksibel menghadapi segala sesuatu dalam hidup.

Sukses terus!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All