• klik klas

Mengembangkan Hobi Lewat Komunitas

Klikers dan Teman Baik, kamu pasti punya hobi yang membuatmu bahagia untuk melakukannya. Namun, pernah nggak sih hobi itu menjadi terasa membosankan karena kamu mengerjakannya sendirian?


Nah, salah satu cara agar kamu tetap bersemangat melakukan hobimu adalah dengan mengikuti komunitas yang memiliki kesenangan yang sama. Seperti misalnya, jika kamu hobi menulis, cobalah bergabung dengan komunitas menulis; jika hobimu membaca buku, cobalah bergabung dengan komunitas pembaca buku; dan lakukan hal yang sama untuk hobi-hobi lainnya.



Bergabung di lingkungan yang memiliki kesenangan atau hobi yang sama bisa menjadi support system terbaik untuk memaksimalkan hobimu. Hal ini dikarenakan dalam komunitas, kamu bisa berbagi pikiran dan berdiskusi bersama mengenai topik yang memang disukai. Memiliki orang yang menyukai hal sama dengan diri bisa memunculkan semangat dan rasa bahagia yang lebih besar, loh!


Selain itu, berkumpul dengan komunitas pun bisa membuatmu belajar banyak hal. Beberapa komunitas biasanya menyediakan tantangan-tantangan rutin yang harus dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas para anggotanya. Misalnya, tantangan membaca 1 buku dalam 1 minggu, atau tantangan menulis setiap hati, atau tantangan berolahraga setiap hari, dan lainnya.


Eh, tapi kalau aku tidak menemukan komunitas yang aku butuhkan gimana?



Nah, kalau tidak menemukan, bagaimana jika kamu yang mulai membuatnya?

Tidak ada salahnya, loh, memulai untuk membentuk komunitas untuk hobi yang ingin kamu bagikan dengan orang lain. Siapa tahu, hobimu memang unik dan belum ada yang membentuk komunitas untuk hobi tersebut. Tidak perlu muluk-muluk harus punya sekian ratus anggota. Kamu bisa mulai dari mengajak satu dua orang yang dirasa memiliki ketertarikan serupa denganmu. Sambil berjalan, sambil coba pikirkan hal-hal apa yang bisa dilakukan untuk membuat dirimu dan rekan satu komunitas bisa #SelaluBertumbuh.


Memiliki komunitas seperti memiliki teman yang saling #TemaniTeman. Semangat membara pun bisa ditularkan oleh setiap anggota yang memiliki ketertarikan yang sama. Tak jarang, lewat komunitas banyak proyek-proyek kebaikan yang bisa dilakukan.


Oleh karena itu, daripada hobi baikmu tak tersalurkan karena mager bergerak sendiri, mending kamu coba temukan komunitas yang cocok untuk hobimu dan berkaryalah bersama komunitas!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All