• klik klas

Mengecek Self-Acceptance

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Pembahasan tentang penerimaan diri rasanya sering banget dibicarakan di media sosial, ya. Bahkan sesama teman circle pun membicarakan soal cara menerima diri dengan segala kekurangan dan kelebihannya.


Tapi, pernah nggak sih kamu mikirin sebenarnya sudah sejauh mana kamu menerima dirimu dan seberapa besar tingkat penerimaan dirimu?


Nah, #TemaniTeman mau coba memberi pemantik, nih, supaya kamu bisa semakin menerima diri sendiri dan kehidupan yang sedang kamu jalani.



Ada salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengukur seberapa jauh tingkat penerimaan dirimu. Meski agak sulit jika diukur dengan angka pasti, kamu tetap bisa menilai secara subjektif berdasarkan pengalaman dan suara hatimu. Gimana caranya?


Caranya adalah dengan mengevaluasi lagi apakah ada hal-hal dalam dirimu yang masih suka kamu judge sendiri. Contohnya, tanpa sadar kamu sering banget merasa tubuhmu terlalu gendut. Hal ini membuatmu mengurangi makan, bahkan diet ekstrem sampai kelaparan. Katanya sih kamu menerima dirimu apa adanya, tapi justru melakukan sesuatu yang justru membuat dirimu tidak enak.


Coba lihat bagaimana respons dirimu saat mengalami hal-hal yang tidak sesuai harapan, seperti saat tahu berat badan naik.


Reaksi 1 : “Oh, beratku naik. Berarti aku lagi suka makan. Syukurlah masih nafsu makan, tapi mungkin aku perlu olahraga, ya, biar bisa tetap di berat badan ideal.”


Reaksi 2 : “Duh, aku gendut! Memang susah ya jaga berat badan. Aku nggak bakal bisa ideal kalo gini terus!”


Apakah kamu lihat perbedaan respons di reaksi 1 dan 2? Ya, reaksi 1 adalah sebuah respons penerimaan diri yang baik, sedangkan reaksi 2 cenderung men-judge dan tidak menerima diri apa adanya.



Kamu bisa mengevaluasi juga hal-hal lain yang terjadi dalam diri dan belum bisa kamu terima sepenuhnya. Jika responsmu pada suatu hal seperti Reaksi 2, artinya kamu perlu belajar lagi untuk menerima diri dan tidak menghakimi diri dengan hal-hal negatif.


Dengan menemukan hal-hal yang belum bisa kamu terima sepenuhnya melalui evaluasi respons, kamu bisa #SelaluBertumbuh dan terus berproses menerima diri dengan jauh lebih baik lagi.


So, selamat mencoba menilik diri di segala situasi, ya! Semoga kamu semakin bisa menerima diri dan menumbuhkan self-acceptance yang baik :D

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

4 views0 comments

Recent Posts

See All