• klik klas

Mengapa Sulit Membuka Obrolan dengan Orang Lain?

Halo, Klikers dan Teman Baik! Apa kabar hari ini?


Pernah nggak, sih, pas kamu mau mulai obrolan atau mau menyuarakan pendapatmu di hadapan orang lain, badanmu malah gemetar, keringat dingin, dan kamu ragu-ragu banget buat bersuara?


Kira-kira kenapa, ya, bisa seperti itu?



Mungkin, salah satu alasannya adalah kamu sulit percaya pada lawan bicaramu. Hal tersebut membuatmu takut lawan bicaramu akan menanggapi dengan tanggapan yang tidak enak, atau kamu jadi takut diremehkan, atau mungkin tidak didengar sama sekali. Pernah merasakannya?


Ketika kondisi itu pernah kamu rasakan, biasanya disebabkan oleh kejadian serupa di masa lalu. Mungkin dulu kamu pernah diremehkan orang lain saat berbicara dan menyampaikan pendapatmu. Atau mungkin kamu dianggap aneh dan dilabel macam-macam saat mencoba memulai pembicaraan dengan orang baru. Atau selama ini kamu sering mendapat tanggapan tidak enak dari segala hal yang kamu utarakan pada orang lain. Dan mungkin parahnya lagi, mungkin dulu ada yang pernah membocorkan rahasiamu ke khalayak umum.



Kamu jadi kehilangan kepercayaan diri dan sulit mempercayai orang lain. Bahkan ketika orang tersebut mau membuka hati dan telinganya, nggak jarang pengalaman-pengalaman tidak enak di masa lalu membuatmu terus menerus ragu dan bertanya,


Apa dia beneran bisa dipercaya? Apa rahasiaku nggak akan kebongkar? Apa dia bakal menanggapi aku dengan baik?


Dan segala tanya serupa.


Klikers dan Teman Baik, tentu tidak enak ya hidup penuh rasa tidak percaya pada orang lain, bahkan pada orang terdekat. Kamu mungkin sudah berusaha untuk percaya pada mereka, tetapi ketakutan akan kemungkinan terulangnya kejadian di masa lalu menghambatmu untuk #SelaluBertumbuh.



It’s okay. Kamu butuh waktu untuk berdamai dan menerima pengalaman tidak enak di masa lalu itu. Namun, satu hal yang ingin #TemaniTeman katakan, tidak semua orang buruk dan tidak semua orang akan membocorkan rahasiamu. Tentunya, pengalaman di masa lalu bisa membuatmu belajar untuk lebih berhati-hati dalam membagikan kisah hidupmu, terutama yang privasi banget.


Kalau kamu mau belajar berdamai dan kembali mencoba percaya pada orang lain, akan ada saatnya kamu bisa dengan mudah memulai obrolan lagi dengan mereka. Jadikan pengalamanmu sebagai sabuk pengaman dan tetap percaya diri untuk selalu berproses!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All