• klik klas

Mencintai Tanpa Alasan, Yakin Beneran Nggak Beralasan?

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Apakah kamu pernah dengar ungkapan, mencintailah seseorang tanpa alasan karena alasan itu bisa pudar seiring berjalannya waktu, pernah dengar?

Sebenarnya, apakah bisa kita mencintai seseorang benar-benar tanpa alasan?

Ketika tertarik dengan seseorang, pasti ada satu hal yang menjadi alasan dirimu tertarik dengan orang itu. Lambat laun, ketika semakin mengenalnya, kamu pun merasa semakin cocok dan merasa orang itu adalah orang yang baik. Kebaikan yang sering kamu dapatkan membuatmu memberi kebaikan yang berbalas pula. Sampai akhirnya, rasa sayang dan cinta itu hadir dalam hatimu.


Kalau ditelusuri, nyatanya setiap rasa yang hadir itu pasti memiliki alasan. Sifat yang baik, kecocokan hal yang disukai, perhatian yang diberikan terus menerus, bahkan mungkin sesimpel alasan karena merasa nyaman. Kenyamanan itu juga jadi alasan, loh!

Lantas, apa yang dimaksudkan dengan mencintai tanpa alasan?



Mungkin maksudnya, jangan hanya mencintai karena fisik karena fisik bisa berubah. Jangan hanya mencintai karena kepintarannya karena kepintaran bisa hilang seiring berjalannya waktu—jadi pelupa misalnya. Mungkin juga, jangan hanya mencintai karena harta karena itu sebuah benda yang bisa datang dan pergi.


Banyak pula yang bilang cintailah seseorang karena kepribadian dan sifatnya. Kalo dia orang yang baik, perhatian, dan bertanggung jawab, wajar dong ya kalo dia jadi dicintai banyak orang. Walaupun semakin berjalannya waktu sifat orang bisa berubah, tidak jarang kamu pun berharap agar perubahan itu ke arah yang lebih baik.

Pada akhirnya, ternyata semua memiliki alasan. Mencintai pun pasti ada alasan-alasan di baliknya. Mungkin, kamu bisa sharing juga ke #TemaniTeman jika kamu merasa mampu mencintai tanpa alasan. Benar-benar tanpa alasan.


Ingat, ya, karena nyaman dan tidak mau kehilangan dia yang jadi satu-satunya belahan hati pun sudah termasuk alasan :D Hanya, seberapa mampu dirimu menjaga dan terus memperbarui alasan-alasan untuk mencintai orang lain itulah yang akan menunjukkan kualitas cinta dan hubunganmu dengannya.


Jika satu alasan hilang, apakah cintamu akan terus hilang?

Coba selami lagi hatimu, kira-kira apa yang membuatmu mencintainya?

Kalo jawabannya karena kenyamanan, semoga kamu terus nyaman bersamanya, ya! Semoga kamu #SelaluBertumbuh menjadi diri yang lebih baik diiringi alasan mencintai yang baik pula :D


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

1 view0 comments

Recent Posts

See All