• klik klas

Mencari Validasi Dengan Mencuri Story



Haloo Klikers dan Teman Baik, di sini siapa yang suka main Tiktok? Teruntuk yang suka nonton Tiktok kamu pernah nggak sih disuguhi postingan lagi di jalan gitu dalam mobil terus kolom komentarnya banyak yang minta upload mentahanya dong?


Dulu, ketika aku melihat itu, aku nggak bisa relate orang orang minta mentahan postingan kayak gitu untuk apa, ternyata semakin banyak orang orang yang membuat konten serupa seperti nyanyi dalam mobil dengan caption “pake aja buat manas manasin mantan di instagram” atau biar dikira nggak jomblo atau dikira sesederhana bawa mobil sendiri.


Aku pada saat itu nggak bisa relate dengan orang orang yang sampe segitunya mencari validasi orang lain. Membuat stories yang itu bukan dirinya tapi punya orang lain hanya untuk mendapatkan validasi dari seseorang atau orang sekitar bahwa dia sudah move on atau sekedar nunjukin bahwa nih aku bawa mobil?


Apa emang sepenting itu validasi orang lain sampai kita menipu diri sendiri dan orang lain?

Oke, ini adalah satu dari sekian jenis postingan yang biasa dipakai orang orang untuk mencari validasi orang lain.


Mungkin hal ini masih bisa ditoleransi karena si yang punya konten mempersilahkan postinganya dipakai untuk orang lain meskipun tetep nggak baik.



Ada hal yang paling membuat aku sedih adalah orang orang yang mencuri stories instagram orang lain untuk dipajang menjadi stories dia.


Contohnya seseorang posting makan sushi, dia pakai stories itu untuk diposting di akun dia agar orang lain menganggap dia sedang makan sushi?


Ini emang terlihat aneh tapi nyata adanya dan jika kamu salah satunya, stop mencari validasi orang lain dengan cara seperti itu


Jujurlah dengan dirimu, jujurlah dengan keadaan kamu.

Kamu nggak perlu seberusaha itu untuk mencari validasi orang lain.

Jadilah diri kamu sendiri. Apalagi kalau teman teman kamu tau bahwa apa yang kamu posting adalah sesuatu yang itu bukan kamu tapi kamu ambil dari Pinterest atau Tiktok bahkan instagram orang lain dan kamu mempostingnya seakan akan itu adalah kamu.


Percayalah, kehidupan yang berpura pura kayak gitu akan membuat kamu capek dan nggak akan bahagia. Kalaupun kamu bahagia dengan cara kayak gitu karena mendapatkan validasi orang lain percayalah itu hanya sementara.


Menjadi apa adanya, jujur sama diri sendiri dan berusaha untuk terus menjadi versi yang jauh lebih baik akan jauh lebih bahagia

Sudahi berpura pura, mari #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman


Deli Fatmawati S.Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

1 view0 comments

Recent Posts

See All