• klik klas

Mencari Teman Yang Sesungguhnya



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang banyak temanya? Tapi kadang sering bertanya tanya eh ini tuh beneran temen aku bukan yaa, sebenarnya gimana sih cara ngebedain temen beneran sama yang yauda sekedar teman karena pernah kenal aja. Nah coba deh diliat beberapa hal ini, yuk sekarang tanya sama diri sendiri.


● Apakah dia ada ketika kamu susah?

Coba deh inget inget siapa aja tuh orang orang yang ada disaat kamu susah, jangan jangan selama ini teman kamu ada ketika kamu seneng aja.


● Apakah dia mendukung mimpi kamu?

Nah ini juga penting, coba deh pikir pikir lagi apakah teman kamu selama ini mendukung mimpi kamu? Apakah mereka berkontribusi atas apa yang kamu impikan? Atau justru di antara mereka hanya merendahkan mimpi kamu dan nggak percaya sama mimpi mimpi kamu atau bahkan cenederung merendahkan?


● Apakah dia mengingatkan kamu ketika kamu salah?

Teman yang baik itu nggak harus selalu membenarkan apa yang kamu lakukan terus menerus yaa Klikers dan Teman Baik, tapi mereka juga perlu mengingatkan kamu ketika kamu salah, masa temanya mau masuk jurang misalnya tetap dibiarin? Jadi kalau kamu punya teman dan teman kamu mengingatkan kamu ketika kamu salah. Percayalah dia sayang sama kamu.


● Apakah dengan berteman denganya kamu merasa bertumbuh?

Apakah bersama dia kamu merasa kamu punya energi untuk selalu berubah ke arah yang jauh lebih baik, atau kamu keseharianya jadi malah berghibah, males malesan, main games terus, ngomongin pacar terus apalagi pacaranya toxic. Coba deh liat lagi pertemanan kamu yang sekarang


● Apakah dia tidak menjelekan kamu di hadapan orang lain disaat kamu nggak lagi sama dia?


Waah ini bahaya si kalau teman kamu adalah orang yang baik di hadapan kamu tapi di belakang malah ngomongin kamu yang jelek jelek ke orang lain. Kalau kamu udah tau teman kamu ada yang kayak gini, udah cari circle yang baru yaa. Inget kamu juga ga boleh yaa kayak gini. Jadilah teman yang menghargai privasi.



Nah selain kamu nyari teman yang kayak gitu, kamu juga harus bisa jadi teman yang kayak di atas, percaya deh pertemanan itu seperto magnet kita akan narik orang yang setidaknya sama kayak kita.


Jadi yuk sama sama untuk berusaha menjadi teman yang baik untuk orang lain.


Jangan lupa untuk #SalingBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

1 view0 comments

Recent Posts

See All