• klik klas

Memutus Lingkaran Setan Overthinking

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Overthinking sudah bukan lagi menjadi hal yang aneh dalam hidup. Di mana pun, kapan pun, sering kali kamu terjebak dalam lingkaran setan overthinking yang membuat pikiran dan perasaan mungkin merasa tidak aman.


Tidak jarang, pikiran berlebih itu juga bisa membuatmu menunda melakukan sesuatu, bahkan membuat diri terus jalan di tempat.

Nah, kali ini #TemaniTeman mau memberi tips untuk memutus lingkaran setan overthinking! Emang gimana sih caranya memutus pikiran yang terus berputar-putar tanpa ujung?


Berhenti mengomentari pikiran yang datang

Ketika sebuah pikiran muncul, tak jarang dirimu refleks mengomentari pikiran itu. Misalnya, saat pikiran soal pekerjaan menumpuk hadir, kamu mungkin akan memberi komentar seperti:


- Pikiran awal: “Duh, kerjaanku numpuk banget, ya.”

- Komentar: “Saking numpuknya, ngeliat saja capek, gimana kalo nggak selesai?”

- Komentar lagi: “Ih, iya, kalo nggak selesai nanti aku dikira nggak bertanggung jawab. Tapi aku bingung harus mulai dari mana.”

- Komentar berikutnya: “Mau mulai dari yang A, tapi kok susah. Apa yang B dulu, ya?”

- Dst.


Maka, cara yang tepat untuk memutus overthinking adalah dengan berhenti mengomentari pikiran itu. Biarkan ia datang, sadari, tanpa perlu dikomentari.



Sadar ketika akan berkomentar dan kembali fokus pada apa yang di hadapan

Kamu pun perlu menyadari ketika dirimu akan mengomentari pikiran-pikiran yang datang. Ketika kamu sadar, kembalikan lagi fokusmu pada hal-hal yang bisa kamu lakukan, tanpa harus terusik dengan pikiran yang datang.


Tuliskan pikiranmu, Dapatkan solusinya

Terkadang, kamu mungkin tidak sanggup memutus komentar yang refleks dilakukan. Alangkah baiknya, coba kamu tuliskan pikiran beserta komentarmu dan lihat lagi dengan lebih jernih. Jika ada ketakutan akan masa depan, canangkan dalam diri bahwa semua itu belum terjadi dan lebih baik fokus pada saat ini. Jika ada ketakutan dan rasa bersalah akan masa lalu, yakinkan dirimu bahwa kamu bisa lebih baik ke depannya dan masa lalu biarlah jadi pelajaran.

Tidak mudah untuk memutus kebiasaan overthinking. Namun, kamu pasti bisa #SelaluBertumbuh dengan terus berproses sedikit demi sedikit setiap harinya. Semoga hidupmu tidak lagi terjebak dalam lingkaran setan overthinking, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

5 views0 comments

Recent Posts

See All