• klik klas

Membuat Pekerjaan Jadi Sumber Kebahagiaan

Klikers dan Teman Baik, nggak jarang beberapa di antaramu merasa pekerjaan adalah beban dan sulit untuk merasa bahagia di tengah beban yang menumpuk. Hal ini mungkin membuatmu bertanya-tanya, ada nggak sih cara untuk membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi sumber kebahagiaan?


Jawabannya ... Ada, guys! Dan sepertinya, kamu pun sudah tahu jawabannya, hehe...



Segala sesuatu bisa membahagiakan jika kita menerapkan prinsip do what you love, love what you do!


Memang, mencintai pekerjaan yang rasanya nggak gue banget itu tidak mudah. Bahkan, orang-orang yang melakukan hal yang disukainya pun bisa merasakan beban jika itu sudah berkaitan dengan target dan ekspektasi orang lain. Jadinya, ada hal lain yang perlu kamu tanamkan dalam diri agar pekerjaan yang dilakukan bisa menjadi sumber kebahagiaan.

Salah satunya dengan meluruskan niat.


Apa niatmu melakukan pekerjaan itu?

Jika kamu melakukan pekerjaan dengan niat hanya untuk mendapatkan uang, tentu target-target pekerjaan untuk mencapai nominal tertentu menjadi sumber tekanan yang luar biasa. Kamu jadi harus mendorong diri untuk memenuhi target demi mendapatkan cuan yang sesuai harapan. Dan pada akhirnya yang didapat yaaa ... hanya uang. Kebahagiaan, kepuasan, ketenangan batin, sepertinya akan sulit didapat dengan niat tunggal ini.


Oleh karena itu, #TemaniTeman ingin mengajakmu untuk meniatkan segala sesuatunya—selain karena uang yang memang menjadi kebutuhan hidup—menjadi niat untuk membantu orang lain dan membumikan ilmu serta kemampuan yang kamu miliki.


Untuk bisa menyelesaikan suatu pekerjaan, tentu kamu punya skill yang diperlukan. Kalau kamu hanya pakai skill-mu sebatas untuk uang, sayang banget loh! Kemampuan yang bermanfaat untuk khalayak luas dan ilmu yang bisa mencerdaskan banyak orang tentu bisa menjadi sebuah niat yang mulia dan luar biasa.



Mengerjakan pekerjaan dengan harapan bisa bermanfaat dan membantu banyak orang bisa menjadi salah satu cara membuat pekerjaan jadi lebih membahagiakan. Bayangkan saja banyak orang yang tersenyum dan bahagia ketika mereka merasakan manfaat dari pekerjaanmu. Wah, rasanya lebih-lebih daripada berhasil menyelesaikan target.


Namun, semua kembali ke diri sendiri. Hanya kamu yang bisa membangun niat dan harapan untuk segala hal yang kamu lakukan. Tentunya, jangan berhenti untuk #SelaluBertumbuh, ya!

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All