• klik klas

Membangun Kebiasaan dengan Adaptasi

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Apakah kamu punya aktivitas rutin yang selalu dilakukan setiap hari? Inget nggak gimana awal mula kamu punya aktivitas rutin itu?


Setiap orang biasanya memiliki minimal satu aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari di waktu tertentu. Misalnya, saat kamu bangun tidur, apa hal pertama yang dilakukan? Mengecek ponsel atau langsung bangun dan mencuci muka dulu?



Biasanya, aktivitas rutin itu bermula dari satu-dua kali perlakuan saja yang kemudian “terpaksa” dilakukan terus menerus. Terkadang, rutinitas itu juga terbentuk karena diri mulai beradaptasi dengan ritme harian yang dilakukan setiap hari. Ada yang awalnya karena paksaan orang tua, ada pula yang memaksa diri untuk membangun segala kebiasaan dan rutinitas tersebut.


Sebenarnya, membangun habit atau kebiasaan baru itu konsepnya selaras loh dengan konsep adaptasi. Arti dari adaptasi berdasarkan KBBI adalah penyesuaian diri terhadap kondisi lingkungan yang baru. Nah, lingkungan baru yang dimaksud ini tidak hanya lingkungan yang baru kita datangi—seperti sekolah baru, kompleks perumahan baru, atau teman-teman baru.



Konsep adaptasi ini pun bisa kamu gunakan untuk membangun kebiasaan baru. Kamulah yang membuat lingkungan baru untuk dirimu sendiri. Tentunya, semua diawali dengan keterpaksaan. Seolah kamu tidak ada pilihan lain selain berada dalam lingkungan itu—seperti saat hadir di sekolah baru. Tak heran, jika kamu ingin membangun kebiasaan baru, kamu pasti disuruh untuk melakukannya terus menerus.


Melakukan hal baru secara terus menerus adalah salah satu cara untuk membuatmu sering terpapar dengan lingkungan baru itu. Kalau sudah sering terpapar, biasanya diri akan mulai beradaptasi dan terbiasa dengan lingkungan baru itu. Bisa karena biasa.



Contohnya, kamu ingin berolahraga setiap jam tujuh pagi. Artinya, kamu harus terus melakukan hal itu setiap jam tujuh pagi tanpa alasan apa pun, selain sakit. Di awal, rasanya pasti berat banget. Namun, kalau kamu #SelaluBertumbuh dan mencoba beradaptasi dengan lingkungan baru itu, yakin deh, kamu pasti bisa membangun kebiasaan baru—berolahraga setiap jam tujuh pagi, misalnya.


Membangun kebiasaan atau habit baru memang memerlukan diri yang mau beradaptasi. Terkadang, kamu perlu menganggap bahwa hal itu harus kamu lakukan karena tidak ada pilihan lain selain melakukannya. Namun, jika kamu merasa berat melakukannya sendirian, cobalah ajak teman-temanmu yang mau membangun kebiasaan baik bersama.

Sendiri itu sepi, rame-rame tentu lebih seru, apalagi sambil #TemaniTeman. Iya, nggak? :D


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All