• klik klas

Memakai Topeng Untuk Menjadi Kuat



Haloo Klikers dan Teman Baik, gimana hari ini kabarnya? Siapa di sini yang hobinya pake topeng? Eitsss bukan topeng yang kayak di gambar yaaa, tapi topeng untuk berpura pura kuat, topeng untuk menghindari agar orang orang tau bahwa kamu lagi sedih, bahwa kamu lagi menjalani hari yang begitu berat. Bagaimana rasanya? Berat yaa pake topeng? Capek yaa pasti berpura pura kuat terus? Capek yaa nyimpen kesedihan sendiri?


Jawabanya pasti iya, kalau memang iyaa sudahi berpura pura kuatnya yuuk dan dan hubungilah teman teman kamu. Berbagilah bersamanya. Banyak ko sebenarnya teman kamu yang tulus ingin mendengarkan ceritamu tapi terkadang dirimu sendirilah yang membatasinya dan terjebak dengan pikiran bahwa orang lain akan merasa terbebani dengan ceritamu. Ketika kamu membagi bebanmu dengan bercerita kamu juga akan merasa punya dukungan sosial dari teman kamu meskipun tidak akan membuat masalahmu hilang tetapi setidaknya resahmu sedikit berkurang. Ketika kamu membagi bebanmu dengan bercerita, stress kamu juga akan berkurang, ada banyak hal yang sebenarnya akan kamu dapatkan ketika kamu mau berbagi keresahanmu dengan orang lain.



Ketika kamu banyak masalah, resah gelisah kamu rasakan, kamu juga terkadang buntu untuk berpikir, kesedihanmu kadang membuat pikiranmu tidak rasional, dengan berbagi dengan orang lain kamu bisa meminta temanmu untuk memberikan solusi. Bagaimanapun, dalam keadaan kalut kamu butuh orang lain untuk berpikir rasional.


Jadi teman baik, jangan ragu yaa untuk berbagi resah kepada orang lain, jujurlah kepada mereka tentang apa yang kamu rasakan, cari orang terpercaya yang membuatmu nyaman untuk berbagi cerita dan jangan lupa untuk bangkit lagi dan bahagia lagi yaa ☺


Ayoo sudahi pura puranya, biar apa sih? Kamu juga berhak loh untuk bercerita dengan teman lainya. Kamu berhak untuk berbagi beban dengan orang lain.


Kamu nggak bisa terus terusan kayak gini, yuk pelan pelan aja buka topeng kamu. Buka topeng yang kamu selalu berusaha kuat itu.


Waktunya kamu juga menunjukan apa adanya kamu. Dengan kamu menunjukan apa adanya kamu akan tetap bisa diterima ko di lingkungan kamu. Akan tetapi jika kamu tidak diterima dengan keadaan kamu yang sebenarnya, kamu salah lingkungan berarti. Cari lingkungan baru.


Akan tetapi aku yakin ko teman kamu pasti menerima dan bersedia untuk mendengarkan kamu.


Yuk #SalingBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati




3 views0 comments

Recent Posts

See All