• klik klas

Melarikan Diri Atau Menghadapi Masalah, Kamu Pilih Yang Mana?

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Pernah nggak, sih, ketika berbagai masalah datang kepadamu, kamu terpikir untuk melarikan diri saja agar tidak lagi bertemu dengan masalah itu?

Kalau pernah, artinya kamu pernah mengalami fase flight saat menghadapi stres yang hadir dalam hidup. Mungkin kamu pernah mendengar istilah fight or flight—hadapi atau melarikan diri.


Keduanya adalah istilah yang dipakai sebagai salah satu cara bertahan dari tekanan dan masalah yang datang.


Memang, jika tekanan dan masalah yang datang terasa begitu berat ada pikiran untuk melarikan diri (flight) dan menganggap diri akan terbebas setelah melarikan diri. Nyatanya, ternyata tidak seperti itu, lho, Teman Baik.

Sekali, dua kali melarikan diri tak masalah. Mungkin kamu memang memerlukan waktu untuk mencerna keadaan dan memikirkan cara terbaik dalam menghadapinya. Akan tetapi, jika kamu terus menerus melarikan diri, kamu tidak akan menyelesaikan masalah itu.


Seperti remedial dalam ulangan, kamu akan terus mendapatkan tekanan dan masalah serupa yang sebenarnya meminta untuk dihadapi dengan sebaik mungkin. Bukan ditinggalkan begitu saja.

Kamu perlu belajar untuk menghadapi (fight) tekanan dan masalah yang hadir dengan berani. Mungkin dalam benakmu, kamu merasa belum dan tidak akan pernah siap.


Namun, jika dirimu tidak dipaksa untuk menghadapi, kamu akan sulit untuk berkembang dan akan stuck di permasalahan yang sama. Berani menghadapi masalah bisa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis, dan tentunya bisa meningkatkan kepercayaan dirimu lagi.

Tak apa jika belum berhasil di percobaan pertama. Ketidakberhasilan itu membuatmu dapat mengevaluasi apakah cara yang kamu gunakan untuk menghadapi masalah itu sudah sesuai atau belum? Sudah tepat atau belum? Dari situ, kamu bisa melihat sekiranya apa yang kurang dari caramu menghadapi?


Pada akhirnya, keberanian untuk menghadapi masalah akan membuatmu semakin naik kelas dan #SelaluBertumbuh setiap harinya. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, justru bisa menjadi awal baru untuk mencoba cara baru dalam menghadapi tekanan dan permasalahan yang ada.


So, apakah kamu akan terus flight atau memilih untuk fight dan naik kelas dalam kehidupan?

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

12 views0 comments

Recent Posts

See All