• klik klas

Masa Sekarang Itu Hadiah, Lho!

Klikers dan Teman Baik, sejak SD sampai sekarang, kalo belajar Bahasa Inggris pasti nggak jauh-jauh dari tiga tenses utama. Yap, tentang struktur past, present, dan future.


Eh, sebentar. Kalo kamu liat di kata present, selain artinya adalah masa sekarang, kira-kira ada arti lain nggak, sih?


Yeah! Ada, guys!



Selain masa sekarang, dalam Bahasa Inggris present juga berarti hadiah atau pemberian. Kalo mau cocokologi sedikit, nih, artinya masa sekarang yang sedang kita jalani sebenarnya adalah sebuah pemberian dan sebuah hadiah, loh!


Oleh karena itu, apakah kamu mau menyia-nyiakan hadiah yang diberikan begitu saja?


Memang, menyia-nyiakannya itu kayak gimana sih?


Yaa, dengan terlalu sibuk berkutat dan menyesali masa lalu, juga dengan sibuk takut dan mencemaskan masa depan.



Kalau kamu masih terikat dengan masa lalu dan mungkin masih menyalahkan banyak hal atas apa yang kamu alami di masa lalu, kamu akan lupa mengapresiasi hal-hal yang terjadi padamu saat ini. Contohnya, mungkin kamu bisa lupa mengapresiasi diri yang masih bertahan hingga saat ini, mengapresiasi perjuangan dan prosesmu hingga saat ini, dan jadi sulit melihat bahwa ada orang-orang yang mau menyayangimu di masa kini terlepas dari bagaimana masa lalumu.


Kalau kamu masih sering terbang dan berangan-angan akan ketidakpastian di masa depan, kamu pun bisa jadi lupa merencanakan hal-hal yang relevan dalam proses pencapaian impian di masa depan. Bahkan, nggak jarang mereka yang terlalu fokus pada bagaimana nanti, malah jadi lupa melangkah dan terlalu takut untuk memulai.



Oleh karena itu, #TemaniTeman pengen banget supaya kamu bisa menjadikan hari ini, saat ini, sebagai hadiah berarti yang bisa kamu apresiasi setiap harinya. Saat kamu bangun dari tidur dan memulai hari baru, bukankah memang itu artinya Tuhan masih memberikanmu hadiah waktu untuk #SelaluBertumbuh?


Masa sekarang adalah hadiah dan pemberian Tuhan. Dengan fokus pada hal-hal yang bisa dilakukan sekarang, kamu pun bisa beriringan menyiapkan masa depan. Masa lalu biarlah jadi pelajaran berharga karena, toh, kamu tidak bisa mengubahnya lagi.


Manfaatkan present-mu dengan sebaik mungkin. So, kamu bisa lebih fokus dan melangkah dengan kepercayaan diri tanpa menghilangkan kewaspadaan dan kehati-hatian yang terbentuk dari pengalaman di masa lalu. Selamat menikmati masa sekarang dan menyambut masa depan!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All