• klik klas

Luasnya Pergaulan Sebanding Dengan Tajamnya Berpikir Kritis

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Tentu kamu familier dengan ungkapan kalau berteman jangan pilih-pilih, bertemanlah dengan siapa saja. Nyatanya, ungkapan ini memang penting untuk diterapkan supaya kamu mampu memperluas pikiran dan pandanganmu, loh!

Perlu ditekankan dulu bahwa, kamu memang boleh dan harus berteman dengan siapa saja. Akan tetapi, untuk memiliki teman dekat atau sahabat yang nge-klop banget, nggak ada salahnya buat dipilih sesuai kenyamananmu. Maksud dari berteman dengan siapa saja di sini adalah jangan sampai kamu membatasi lingkaran pertemananmu hanya dengan orang-orang yang satu sekolah, satu jurusan, satu fakultas, satu daerah, atau kesamaan lain.


Semakin luas relasi yang dimiliki, kamu bisa mendapatkan banyak informasi dan banyak sudut pandang dalam melihat suatu permasalahan. Misalnya saja terkait pro-kontra vaksinasi. Jika kamu memiliki teman dari ranah medis, tentu kamu akan mendapat penjelasan dari sisi medis. Di samping itu, jika kamu punya teman dari ranah sosial, mungkin kamu akan mendapatkan perspektif lain secara psikologi, sosiologi, lingkungan, dan lainnya. Tak menutup kemungkinan, kalau kamu punya teman di ranah politik, bisa juga kamu dapatkan perspektif baru tentang kaitan vaksinasi dengan perpolitikan.

Semua itu sangat mungkin terjadi dan segala perspektif yang kamu peroleh bisa membuatmu berpikir dengan lebih kritis. Menganalisis permasalahan dan isu dari berbagai perspektif merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang kamu miliki. Selain itu, kamu pun tidak terburu-buru menyatakan pendapat atau mengambil keputusan sebelum benar-benar memikirkannya dengan matang.


Oleh karena itu, jaringan relasi ini ternyata penting juga, lho, untuk meningkatkan kekritisan pikiran. Dengan memperluas pergaulan, relasi, dan lingkaran pertemanan, kamu pun bisa memperluas ruang berpikirmu menjadi lebih kritis. Kemampuan ini sangat diperlukan di masa saat ini di mana banyak kabar maupun berita hoaks beredar.

Jika kamu tidak kritis dalam menanggapi berbagai masalah—diri sendiri, maupun isu lingkungan dan nasional—hati-hati, nanti kamu rawan kena tipu-tipu, hehehe :D

So, mulai sekarang coba yuk perluas jaringan dan relasimu. Salah satunya bisa dengan mengikuti acara-acara yang diadakan KlikKlas supaya bisa #SelaluBertumbuh dan #TemaniTeman yang membutuhkanmu!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

2 views0 comments

Recent Posts

See All