• klik klas

Lepas dari Rasa Bersalah

Halo Klikers dan Teman Baik!

Sadar maupun tidak sadar, kamu mungkin sering menyalahkan dirimu sendiri karena banyak hal. Entah itu menyalahkan diri yang selalu bangun siang, menyalahkan diri yang tak bisa menyelesaikan agenda harian, pun menyalahkan diri atas hal-hal yang terjadi pada orang lain. Hal ini tak jarang menimbulkan rasa bersalah yang dalam pada dirimu..

Tersebab rasa bersalah itu, kamu jadi merasa tidak tenang dan merasa harus memperbaiki semua hal yang sebenarnya telah berlalu. Padahal, apa-apa yang telah berlalu tentu tak bisa kamu putar ulang untuk diperbaiki.


Kamu hanya bisa untuk terus melangkah maju dan menjadikan kesalahan itu sebagai pelajaran di masa depan.


Terkadang kita perlu kembali menyadari bahwa dalam hidup ini ada hal-hal yang bisa kita kontrol dan ada pula yang tak bisa dikontrol. Hal-hal yang bisa kita kontrol tentunya diri kita sendiri—perasaan, pikiran, dan perbuatan yang akan dilakukan. Selain itu, banyak hal yang terjadi di luar kontrol kita.

Menyadari hal-hal itu bisa membuatmu belajar untuk menerima apa-apa yang sudah terjadi dan perlahan lepaskanlah rasa bersalahmu. Mungkin memang ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa bersalah. Lakukanlah hal yang bisa mengurangi rasa bersalahmu, tetapi jangan sampai membuatmu justru semakin tertekan.


Misalnya, jika rasa bersalah itu muncul karena kamu pernah berbuat salah pada orang lain, meminta maaflah padanya.


Meminta maaf dengan tulus tentu akan membuat orang itu menerima dan memaafkan kesalahan di masa lalu, tentunya jangan diulangi lagi, ya. Atau mungkin rasa bersalah yang muncul karena bangun kesiangan, bisa kamu atasi dengan membuat alarm atau meminta bantuan orang lain agar membangunkanmu lebih pagi di keesokan hari.

Namun, jika rasa bersalah itu masih terus hadir tersebab kamu tak bisa melupakan kejadian di masa lalu, belajarlah untuk menerima bahwa dalam setiap perjalanan kehidupan manusia pasti melakukan kesalahan.


Jadikan kesalahan itu pelajaran dan bebaskan dirimu dari rasa bersalah. Kamu pun bisa menjadikan rasa bersalah itu sebagai energi untuk #SelaluBertumbuh dan menjadi lebih baik ke depannya.


Terus baca artikel #TemaniTeman, siapa tahu ada tips-tips lain yang bisa membantumu menerima dan mengurangi rasa bersalah itu. Semoga di momen kemerdekaan ini, kamu pun bisa merdeka dari rasa bersalah yang masih menghantuimu, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

3 views0 comments

Recent Posts

See All