• klik klas

Kurangi Stress Dengan Terapi Mindfulness



Haloo Klikers dan Teman Baik, di sini siapa yang lagi merasakan stress? Rasanya ko hidup berat banget nih buat dijalanin. Kamu bisa mengurangi stress kamu dengan salah satu terapi yaitu terapi mindfulness.


Oke sebenarnya apa sih mindfulness itu?

Germer, Siegel, dan Fulton (2005) menyebutkan mindfulness adalah suatu kondisi kesadaran pada saat ini dengan penuh penerimaan. Mindfulness menekankan pada kesadaran, menjadi sadar sepenuhnya pada hal yang terjadi saat ini dengan mengalihkan pengalaman yang lain, diterima sepenuhnya tanpa penilaian (Mace, 2008).

(Sumber:Mindfulnesia.id)


Secara sederhana bisa kita simpulkan mindfulness adalah kesadaran penuh baik pikiran, perasaan dan fisik akan kejadian saat ini.


Nah kenapa sih mindfulness ini penting? Klikers dan Teman Baik tau nggak sih salah satu penyebab kita gampang stress itu kenapa? Iyaa, karena otak kita penuh, banyak yang kita pikirkan, bahkan hal hal yang sebenarnya tidak penting.



Mindfulness mengajarkan kita untuk fokus sama sesuatu hal. Banyak orang hari ini liburan tapi hatinya tetap tidak tenang karena memikirkan pekerjaan. Maka, cobalah untuk menjalaninya dengan lebih santai dan fokus. Meski terkadang sulit dilakukan di tengah kesibukan, luangkan sedikit waktu untuk menikmati apa yang sedang kita hadapi sekarang.

Bekerja seharian tetapi pikiran kita sibuk dengan rencana liburan akhirnya pekerjaan kita berantakan.


Dengan mindfulness kita juga akan bisa mengurangi pikiran pikiran akan masa lalu yang terus menerus menghantui kita, kita akan menerima bahwa hal itu udah terjadi jauh dibelakang dan tugas kita sekarang adalah menjalani saat ini yang ada dihadapan kita, kita sadar bahwa masa lalu nggak akan pernah kita ulang dan sudah jauh tertinggal.


Dengan kita sadar bahwa masa lalu sudah tidak perlu kita khawatirkan lagi, stress kita akan berkurang. Kalaupun pikiran pikiran masa lalu kita datang tanpa kita bisa kontrol dan membuat kita stress, dengan meditasi mindfulness kita kan lebih fokus dengan rasa stress itu dan membuka pikiran untuk menghadapi stress lebih positif karena kita sadar penyebab stressnya. Hari ini banyak banget orang yang dia sangat menghindari stress dan pada akhirnya stressnya tak pernah hilang karena tak pernah dicari tau penyebabnya dan tak pernah mau diselesaikan.


Oleh karena itu mindfulness ini adalah salah satu caranya untuk mengurangi stress dan jika dilakukan dengan benar dan rutin, meditasi mindfulness bahkan dapat mencegah dan meringankan gejala gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.



Jadi, siapkah kamu untuk mindfulness?


Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


17 views0 comments

Recent Posts

See All