• klik klas

Kurangi Bebanmu, Mari Bercerita Denganku



Haloo Klikers dan Teman Baik, apa kabar hari ini? Gimana nih apakah hidup berjalan sedang baik baik aja? Atau lagi ambyar? Apapun keadaanmu hari ini semoga bisa menikmati artikel ini dengan secangkir kopi yaaa. Yuk nafas dulu, inhale, exhale, tenang dulu, chill, baca pelan pelan.


Klikers dan Teman Baik, kamu pernah nggak sih merasa pikiran kamu begitu penuh, beban kamu berat banget. Nah ayoo kita bagi dengan bercerita. Meskipun judulnya mari bercerita denganku, ga perlu sama aku juga ya guys, hehe


Kamu bisa mengajak siapapun yang kamu percaya dan kamu nyaman untuk bercerita.

Kenapa sih emang harus bercerita? Tau nggak sih guys, ada ilmiahnya :))))


Ada loh penelitian yang mengatakan bahwa dengan bercerita bisa mengurangi kadar stress kita. Coba deh buktikan sendiri kalau misal hari ini kita lagi gloomy, pengen nangis banget, hari ini kita kesepian, hari ini kita khawatir, cari teman agar kita bisa menuangkan apa yang kita rasain ke dia, dengan catatan teman kamu memang bersedia yaa bukan dipaksa.hehe



Aku ga bilang sedih, khawatir, kesepian itu tidak boleh yaa, boleh ko merasakan perasaan itu semua asalkan jangan sampe terpuruk dan kita harus berusaha untuk keluar dari sana dan bahagia kembali. Nah, salah satu caranya dengan bercerita. Jangan terbiasa memendam beban, kesedihan, kekhawatiranmu sendirian karena seiring berjalannya waktu, menekan emosi negatif dapat menyebabkan kemarahan atau kecemasan. Akibatnya, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh atau menyebabkan lonjakan hormon stres. Selain itu, memendam emosi negatif dapat menyebabkan depresi dan terkait dengan peningkatan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.


Nah jadi sebelum efek samping itu datang, yuk kita hindari dengan bercerita, kamu jangan menangung beban sendirian, berat, yuk berbagi sekarang.”


Nggak papa koo, bercerita bukan tanda kelemahan. Kamu nggak perlu loh terus terusan berpura pura kuat depan orang lain. Kalau hari ini kamu butuh bercerita ya gapapa bilang aja. Masa kamu mau dicurhatin terus tapi sesekali curhat kamu takut.


Oh iya satu lagi, kamu ngga bisa yaa cerita ke semua orang, kadang ada juga orang tu nggak bener bener peduli sama kamu, malah yang harusnya kamu mendapatkan energi positif dia malah ngejatuhin kamu. Jadi perlu bijak juga yaa dalam memilih teman untuk bercerita.


Semangat! Jangan lupa untuk #SalingBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

2 views0 comments

Recent Posts

See All