• klik klas

Konsep Pertemanan Seperti Ini Yang Sebaiknya Dilakukan!

Haloo klikers dan teman baik apa kabar?

Sepertinya semakin kita dewasa, teman kita semakin sedikit yaa, perasaan dulu kayaknya teman kita banyak banget dan mau main sama siapa aja nggak bingung dan nggak canggung. Tapi sekarang? Ah sudahlah. Memang begitu kehidupan menuju dewasa salah satunya adalah kehilangan teman satu persatu.

Nah, Kenapa ya teman kita satu persatu hilang? Iya karena setelah kita dewasa terkadang kita lebih pilih pilih dalam berteman. Kita kadang males berteman sama yang kerjaannya nyusahin kita, ngutang terus, suka ngomongin kita dibelakang, nggak ngehargain kita, intinya nggak ngasih benefit apa apa dalam pertemanan yang sedang dijalin.

"Kita lebih senang berteman dengan orang orang yang baik sama kita, pengertian, ngasih aura positif dan membantu kita untuk lebih maju."

Akan tetapi kita harus inget bahwa ketika kita berteman kita harus tahu diri ya, sebaik apapun teman kita, mungkin kita temukan ada orang yang baiknya itu udah level dewa, baik banget, makan dibayarin, jalan jalan ditebengin, pengertian, sopan, anaknya seru diajak jalan, kalau kita ulang tahun dia selalu kasih hadiah dan nilai plus lainnya.

Nah, saking baiknya dan dia juga tidak pamrih, lalu kita lupa untuk melakukan hal yang sama untuknya. Padahal itu tuh berarti tau untuk dia meskipun apa yang kita lakukan nggak bisa sebanding sama apa yang telah dia lakukan.


Setidaknya misal jika kamu jalan bersamanya dan kendaraanya dari dia, kamu menawarkan diri untuk mengisi bensinnya meskipun kamu sadar dia punya banyak uang misalnya, atau kamu bisa melakukan hal lain, kamu bisa memberinya cemilan untuk menemaninya di perjalanan. Jangan sampe dia yang bawa kendaraan, dia yang nyetir dia juga yang nyediain cemilan. Pertemanan seperti ini tuh nggak sehat.


Ketika kita berteman kita harus sama sama berusaha untuk melakukan hal yang sama meskipun bisa jadi caranya berbeda. Jika dia loyal dengan uang, kita bisa loyal dengan tenaga. Apapun yang bisa kita lakukan. Lakukanlah.


Contoh lain jika kamu memang suka bercerita dengan temanmu dan temanmu adalah pendengar yang baik, dilain kesempatan kamu tanya, “adakah yang ingin dia ceritakan?” sambut dengan baik jika dia bercerita. Sambut dengan baik sebagaimana dia menyambutmu dengan baik ketika kamu butuh.


Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk sama sama saling effort untuk menjaga pertemanan. Kita harus punya prinsip dalam berteman jika teman kita baik sama kita, kita harus lebih baik sama dia atau setidaknya setara, tidak perlu dengan cara yang sama, yang penting tetap berusaha untuk saling mengusahakan memberikan kenyamanan dalam berteman.


Semangat menjaga pertemanan dengan sehat klikers!

2 views0 comments

Recent Posts

See All