• klik klas

Ketulusan Dibalas Ketulusan



Haloo Klikers dan Teman Baik, siapa di sini yang pernah ngerasa udah tulus banget sama orang, eh ko orang yang kita tulusin malah nggak tau diri yaa.. Tenang guys kalau kamu kayak gitu aku punya cerita dan ini asli kejadian di temen aku loh.


Jadi teman aku ini dulu ketika kuliah sering bantuin temenya, skripsian dan lain lain, dulu yaa dia ngelakuin itu tulus aja tanpa ada embel embel harus dibales atau apapun itu dan merekapun lulus kuliah. Eh ternyata setelah satu tahun lebih lulus, temanya menawari pekerjaan yang bagus di kantor yang mana kantor itu adalah milik orang tua teman yang tadi dia sering bantu.


Aku banyak banget sebenarnya dapet cerita serupa dalam bentuk yang berbeda dan itu membuat aku percaya bahwa ketulusan akan membuahkan hasil ketulusan juga.


Aku termasuk orang yang percaya bahwa ketulusan ketulusan kita kepada seseorang akan berbalas dan kembali kepada kita meskipun bukan dari orang yang sama, kita emang nggak bisa berekspektasi kepada seseorang agar mereka melakukan hal yang sama. Kita nggak bisa mengatur perilaku orang lain.



Mungkin diantara Klikers dan Teman Baik ada yang pernah menemani seseorang dititik terendahnya, disaat dia tidak punya uang, disaat dia ngerasa dia nggak berharga, disaat dia selalu ngerasa sendiri dan butuh teman curhat. Kita ada di garis terdepan, kita akan selalu berusaha untuk ada di samping dia apapun yang dia rasakan, kita terima dia dengan segala kekuranganya. Bahkan kita kadang berfikir nggak akan ada orang yang sesabar kita menghadapi dia.


Terkadang ada perasaan kita takut untuk tulus lagi sama orang lain, kita takut kecewa lagi, kita takut tidak menerima ketulusan yang sama dari orang lain. Sehingga kita yang tadinya tulus berubah menjadi orang yang bodo amat karena dikecewakan satu atau dua orang.


Padahal Klikers dan Teman Baik manusia di dunia ini masih banyak, masih ada ratusan orang bahkan jutaan orang yang belum kita temui. Nggak semua orang kayak gitu. Ada ko orang orang yang punya energi yang sama untuk tulus saling support, saling peduli dan saling mencintai.


Jadi yuk jangan bosen jadi orang yang tulus sama orang lain. Nanti Tuhan sendiri yang balas dengan caranya, entah lewat teman kamu atau lewat perantara yang lain :)


Jangan lupa untuk #SalingBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

0 views0 comments

Recent Posts

See All