• klik klas

Ketika Usia Kamu 25 Tahun



Haloo Klikers Teman Baik, apa kabar hari ini? Semoga dalam keadaan baik yaaa.. Guys kalian sekarang usianya berapa sih? Ada yang udah 25 kah? Atau usia 20-an? Ada dong yaaa. Untuk kamu yang usia 20-an kamu pernah dapet postingan tentang usia 25 harus ini dan itu, adakah? Kalau kamu pernah, okee kita diskusi tentang itu, banyak banget postingan tentang usia 25, harus udah punya rumah, harus punya ini dan itu, kita sering kali disibukan dengan standar orang lain, mulai dari standar kebahagian, standar kesuksesan, standar kecantikan dan standar standar lainya. Kita sibuk memenuhi standar itu semua sampai lupa bahwa dengan kebahagian diri sendiri, kita lupa definisi sukses, cantik,bahagia kita itu seperti apa. Kita jarang mendengarkan kata hati sendiri. Kita disibukan dengan melihat orang lain ini dan itu sehingga kita mengikuti standar yang ada.


Ketika kita menginjak usia 25 misalnya, kita bisa aja sebenarnya punya tabungan 50 juta itu udah cukup bagi kita, tapi masyarakat bilang 25 tahun itu harusnya tabungan kita di rekening minimal 100 juta, akhirnya kita nggak tenang karena rekening kita nggak nyampe 100 juta, kita merasa gagal sebagai manusia, padahal tidak ada kata gagal dengan pencapaian kita.



Contoh lain ketika usia kita 25 misalnya, harusnya kita sudah menemukan pasangan hidup dan memiliki anak tapi ternyata hari ini kita masih duduk sendiri di kafe menikmati secangkir kopi, padahal kita merasa tetep bahagia tanpa pasangan, kita punya karir yang bagus, kita mempunyai banyak teman tapi kita tetap merasa gagal karena belum punya pasangan. Kita merasa diburu buru oleh masyarakat karena standar yang ada.


Padahal Klikers dan Teman Baik, ketika usia kita 25 tahun, harusnya nggak ada tuh kita harus udah begini dan begitu, hidup kita kan kita yang tau bagaimana perjuangannya, bagaimana kita setiap hari menjalani hari hari kita, kenapa jadi orang lain yang harus atur? Kenapa harus memuaskan standar yang ada? Kenapa harus pusing sama hal yang sebenarnya bukan kewajiban.


Jadi, untuk kamu yang udah usia 25tahun dan standar standar itu belum terpenuhi, it’s okaaay kamu tetap jadi manusia ko dan kamu bukan orang gagal. Pada kenyataanya, sampe detik ini kamu masih berjuang untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik kan?


Semangat guys, jangan lupa untuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman



Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati

1 view0 comments

Recent Posts

See All