• klik klas

Ketika Pilihan Hidup Semakin Sulit Dan Rumit



Haloo Klikers dan Teman Baik, akan ada saatnya, di mana pilihan hidup semakin kian rumit. Setiap pilihan menyimpan banyak misteri, lebih tepatnya kita selalu khawatir akan kemana keputusan ini membawa kita ke depan. Terkadang, ketakutan juga menghampiri setiap kita telah bulat untuk menetapkan keputusan terbaik menurut kita. Kita selalu bertanya akan seperti apa keadaanya setelah ini? Kita terus khawatir, tetapi hidup harus terus berjalan. Kita harus segera mengambil keputusan. Begitu banyak pilihan memang membuat kita rumit, tetapi bukankah lebih baik dari pada tidak punya pilihan sama sekali? Pilihan yang ada memang terkadang bukanlah apa apa yang kita impikan, tapi hidup adalah pilihan. Menikmati kehidupan dengan cara seperti biasa tanpa ada pembaharuan atau menyongsong kehidupan baru dengan pilihan yang tak bisa terbayangkan? Jika dari banyak pilihan itu telah ada yang kita pilih tugas kita hanyalah percaya bahwa Tuhan akan bekerja dengan cara yang luar biasa.


Semakin kita tumbuh dewasa pilihan pilihan itu semakin kompleks, mulai dari menentukan di mana kita akan berkuliah, di mana kita akan bekerja, dengan siapa kita akan menjadi pasangan bahkan di mana kita akan tinggal. Ada banyaaak hal yang kita khawatirkan jika kita salah mengambil keputusan.



Pada akhirnya, adakalanya justru kita lebih banyak membuang waktu untuk overthinking, memikirkan banyak ketakutan yang belum terjadi dan hanya imajinasi yang kita buat buat sendiri.


Kita pada akhirnya selalu mengambil pilihan pilihan yang membuat kita tidak berkembang dan berada di zona nyaman, padahal bisa jadi ketika kita mau mengambil resiko sedikit saja. Kita bisa mendapatkan yang jauh lebih baik.

Khawatir akan mengambil keputusan yang salah itu adalah hal baik, tapi jangan sampai kekhawatiran kita justru membuat kita selalu memilih yang paling mudah dan membuat kita tidak berkembang.


Begitu banyak orang orang yang sampai saat ini masih di situ situ aja, nggak bergerak ke mana mana, stagnan hidupnya karena ketidakberanian dirinya untuk memilih pilihan hidup yang sedikit rumit. Padahal bisa jadi rumitnya itu hanya dalam imajinasinya saja tapi ketika dijalanin tak serumit yang dibayangkan.


Jadi Klikers dan Teman Baik, sesekali ambilah keputusan yang mungkin sedikit rumit agar kita bisa terus berkembang menuju versi terbaik.

#SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman



Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


0 views0 comments

Recent Posts

See All