• klik klas

Ketika Me Time Dianggap Egois

Banyak yang bilang, alasan me time sekarang dianggap sebagai alasan yang egois. Nggak jarang, orang-orang yang menyuarakan kebutuhannya untuk me time justru dicemooh dan dianggap tidak bertanggung jawab dengan kewajibannya yang lain.


Apakah benar seperti itu?


Klikers dan Teman Baik, kalau kamu pernah dianggap sebagai orang yang egois karena menjauh dari lingkungan untuk me time, mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.



1. Apakah Me Time yang dilakukan membuatmu lalai?

Pertanyaan ini perlu kamu ajukan pada dirimu sendiri. Biasanya, kalau kamu menggunakan alasan me time untuk lepas dari tanggung jawab, ke depannya orang-orang pun akan menganggap me time-mu sebagai alasan kosong belaka. Apalagi kalau ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan, tetapi kamu malah lalai dari tenggat waktunya karena beralasan sedang me time. Ini tidak baik, ya.


2. Apakah Me Time yang dilakukan membuatmu sulit dihubungi?

Nah, ini pun perlu kamu pertimbangkan, ya. Kalau memang kamu butuh waktu untuk tidak dihubungi sama sekali, komunikasikan terlebih dulu dengan orang-orang yang bersangkutan. Jangan sampai, kamu malah dianggap egois karena menjadikan me time sebagai alasan untuk mengelak dari panggilan pekerjaan.


3. Apakah Me Time yang dilakukan membuat orang lain dirugikan?

Me Time tentu boleh. Akan tetapi, jangan sampai me time-mu membuat orang lain merasa dirugikan. Entah itu kamu lalai dengan pekerjaan, minta orang ngejajanin sampai mahal banget, atau hal-hal lain yang membuat orang lain merasa dirugikan. Membahagiakan diri dengan merugikan orang lain jelas merupakan perilaku yang egois.



Me Time sangat diperlukan untuk menjaga kewarasan diri. Apalagi kalau kamu sudah jenuh dan stres dengan berbagai tugas dan tanggung jawab kehidupan. Tidak ada salahnya menjeda sejenak untuk beristirahat dan menyediakan me time.


Akan tetapi, jangan sampai kamu jadikan alasan me time untuk menghindar dari tanggung jawab. Alangkah lebih baik kamu komunikasikan baik-baik agar tidak ada pihak yang dirugikan. Biar sama-sama enak—kamu bisa me time dengan tenang dan orang lain tidak merasa kamu egois karena butuh me time.


Nah, semoga kamu bisa lebih bijak dalam memenuhi kebutuhan waktu diri agar bisa #SelaluBertumbuh tanpa dianggap egois dan tanpa merugikan orang lain, ya! #TemaniTeman


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All