• klik klas

Kenapa Ya, Waktu Kok Cepet Banget Berlalu?

Hai, Klikers dan Teman Baik!

Pernah nggak ada satu waktu saat kamu melakukan sesuatu, tiba-tiba waktu berlalu begitu saja tanpa kamu sadari?


misalnya, saat kamu sedang baca novel dan tidak sadar dengan apa yang terjadi di sekitarmu lalu saat buku yang kamu baca tamat, ternyata waktu sudah berlalu tiga sampai empat jam! Atau, saking asyiknya kamu latihan soal untuk persiapan ujian, tak terasa ternyata sudah lima puluh soal kamu kerjakan sampai orang tua mengingatkanmu untuk tidak lupa makan.


Kalau kamu pernah merasakan hal serupa, artinya kamu mengalami yang namanya flow. Apa sih yang dimaksud dengan flow?

Flow adalah kondisi saat kamu benar-benar fokus dalam melakukan suatu aktivitas dan tenggelam di dalamnya—biasanya karena kamu sangat menyukai dan enjoy melakukan aktivitas itu.


Hal ini menunjukkan bahwa kamu juga mengerahkan seluruh perhatian dan kemampuan terbaikmu agar bisa larut dalam aktivitas itu.


Kondisi ini menjadi salah satu ciri keterlibatan penuh yang kamu lakukan (engagement) karena tantangan/aktivitas yang kamu lakukan bertemu dengan salah satu potensi terbaik dalam dirimu. Seperti contohnya saat membaca novel atau mengerjakan soal.


Ketika kamu membaca novel, imajinasimu bermain mengikuti alur dan dialog yang dibaca. Imajinasi yang terjadi selama membaca buku menunjukkan bahwa kamu memiliki sisi kreativitas yang akan terasah dengan maksimal saat membaca buku. Tidak hanya itu, berimajinasi pun menjadi salah satu tanda bahwa itu adalah kekuatan diri yang bisa membuatmu fokus penuh dalam sebuah aktivitas.


Di sisi lain, saat kamu mengerjakan soal matematika misalnya. Kamu yang sangat menyukai hitung-hitungan serta angka, tentu akan lebih betah dan lebih terpikat pada soal-soal dibandingkan temanmu yang lebih senang belajar bahasa. Meski sebenarnya tidak hanya perihal kesukaan, tetapi dari hal yang disuka ini kamu bisa tahu kekuatan apa yang menonjol dalam dirimu.


Hal lain misalnya, kamu lebih suka mendengar dibandingkan bercerita. Ada kemungkinan, kamu bisa terlarut saat mendengarkan cerita dari teman-temanmu. Ketika menikmati saat mendengarkan itu tanpa menginterupsi, artinya kegiatan yang kamu lakukan nge-klik banget sama kekuatan menonjol dalam dirimu—dalam hal ini, mendengarkan dengan seksama bisa menjadi kekuatan menonjolmu.


Dan banyak lagi contoh serupa yang mungkin pernah kamu alami, tetapi belum kamu sadari.

Menjadi fokus dan terlibat penuh dalam suatu aktivitas memiliki dampak baik dalam membangun emosi yang positif, lho, Teman Baik! Terkadang, perasaan yang timbul dari asyiknya melakukan aktivitas yang disenangi itu sulit dideskripsikan. Namun, biasanya rasa lega dan semangat hadir setelah melakukan sesuatu yang kamu senangi itu.


Nah, kalau kamu bosan dan waktu terasa lama berjalan saat melakukan aktivitas lain, artinya kekuatan dirimu belum benar-benar tersalurkan dengan baik. Mungkin, kamu bisa menelaah lagi kiranya kekuatan apa yang benar-benar bisa kamu tonjolkan agar setiap aktivitas yang dilakukan terasa mengasyikkan.


So, kapan terakhir kali kamu menikmati suatu aktivitas hingga waktu tak terasa berjalan begitu cepat?

2 views0 comments

Recent Posts

See All