• klik klas

Kenapa Greysia/Apriyani Bisa Menang? Ternyata Ini Kuncinya!

Ditengah berita duka dan tangis air mata yang terdengar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke karena kasus Covid-19 yang semakin meningkat, akhirnya kita semua bisa menangis lagi… Bukan karena sedih tapi terharu karena salah satu atlet bulu tangkis Indonesia berhasil membawa pulang emas pada ajang Olimpiade Tokyo 2021! Teman Baik penasaran nggak nih strategi apa yang dipakai dua srikandi ini dalam menghadapi lawan di area pertandingan?

Latihan sudah pasti, jaga pola makan dan berat badan juga sudah dipersiapkan, minta doa restu keluarga pun dilakukan, tapi ada satu hal lagi yang ternyata membuat Greysia/Apriyani bisa tampil prima di hari H! Ya, persiapan mental! Hal ini langsung diutarakan sendiri lho oleh keduanya saat mereka selesai tanding dan dinyatakan menang.


Padahal kalau dipikir-pikir di kondisi pandemi ini banyak hal bisa membuat stres dan putus asa ya… tapi buat orang yang punya mental baja, mau sesusah apapun kondisi maka akan tetep fokus pada tujuan hidup. Kayak dua atlet wanita bulu tangkis Indonesia ini, bertanding ditengah-tengah pandemi pas Indonesia lagi menerapkan PPKM pula! Tapi memang nggak semudah itu juga sih hehehe. Ya nggak, Teman Baik?


Punya mental yang kuat itu nggak bisa muncul tiba-tiba lho.. Kamu butuh persiapan dan tekad untuk menjadi tangguh disaat kondisi sekitar sedang tidak baik-baik saja. Gimana tuh caranya? Jadi gini, kamu harus latih dirimu untuk memiliki pola pikir growth mindset.


Misalnya, kalau kamu gagal karena nggak sesuai sama harapan.. sedih boleh tapi jangan menyalahkan keadaan bahkan menyalahkan dirimu sendiri. Orang yang pola pikirnya bertumbuh akan memiliki keyakinan kalau kegagalan adalah batu kerikil supaya bisa berusaha lebih baik lagi. Mungkin kita gagal karena belum rezeki dan ada orang lain yang lebih membutuhkan sehingga kita diberi kesempatan untuk belajar lagi dulu.


Sama kayak Greysia/Apriyani, apakah mereka langsung berhasil pada pertandingan bulu tangkis pertama dalam hidupnya? Oh tidak. Coba kita pikir kira-kira sudah habis berapa jam waktu yang mereka habiskan untuk berlatih? Penulis kondang J.K. Rowling misalnya, berapa lembar draft tulisan yang ia buat sebelum membuat mahakarya Harry Potter? Colonel Sanders, pengusaha ayam KFC misalnya, berapa kali percobaan membuat ayam seenak itu sampai di usia 65 tahun ia baru sukses mendirikan usaha fast food nya?


Bukan karena bakat ataupun bawaan lahir kan mereka sukses? Tapi karena mental yang nggak mental. Dengan mental yang kuat, Teman Baik akan terlatih dalam menghadapi tantangan dan menemukan kepuasan hidup. Seperti Greysia/Apriyani, passion mereka dalam dunia olahraga begitu kuat dan mereka menemukan kepuasan ketika berlaga di medan juang. Tidak peduli kalah, tidak mencari emas, dan tidak fokus pada performa lawan, yang penting semangat tetap membara!

So, dari Greysia/Apriyani kamu bisa belajar bahwa mental yang tangguh mendorong diri untuk mencapai tujuan hidup yaitu kebahagiaan, rasa syukur, dan rasa berharga. Hadiah demi hadiah akan datang sendirinya selama kamu tidak mundur dari apa yang sudah kamu perjuangkan. Semangat dan selamat bertumbuh, Teman Baik!

5 views0 comments

Recent Posts

See All