• klik klas

Kelola Asupan, Kelola Pikiran

“Overthinking itu nggak bisa dikontrol! Pas kita buka medsos juga kan nggak bisa ngontrol mana yang muncul di feed. Rasa cemas juga muncul gitu aja. Itu perasaan dan pikiran yang nggak bisa dikontrol. Jangan salahin kita yang overthinking!”


Klikers dan Teman Baik, pernah mendengar ada orang yang berkata seperti itu? Atau mungkin kamu pun pernah berpikiran seperti itu? Berpikir bahwa overthinking dan rasa cemas yang muncul dalam dirimu adalah suatu hal yang tidak bisa dikontrol.


Hmm... Sebenarnya, tidak sepenuhnya demikian ya.



Pada dasarnya, segala sesuatu yang terjadi dalam diri kita ada yang bisa dikontrol dan ada yang tidak. Perasaan yang hadir memang tidak bisa ditolak, pikiran yang hadir pun terkadang tidak bisa dihentikan. Hanya saja, ada beberapa hal yang bisa kamu kontrol berkaitan dengan perasaan dan pikiran yang muncul ini.


Kamu bisa mengontrol reaksimu. Ketika perasaan dan pikiran hadir, apakah kamu memunculkan reaksi yang terus menerus memikirkan hal itu? Jika iya, reaksi seperti itulah yang bisa membuat overthinking dan rasa cemas bertahan lebih lama. Padahal kamu bisa memilih dan mengontrol untuk menerima pikiran dan perasaan, kemudian lepaskan. Kamu bisa mengontrol dan memutus pikiran-pikiran yang memunculkan rasa cemas. Memang awalnya sulit mengontrolnya, tetapi jika dilatih pun kamu akan terbiasa dan bisa mengontrolnya.


Kemudian, kamu juga bisa mengontrol asupan pikiran. Segala sesuatu yang kamu lihat dan dengar, baca dan tonton, itu akan memengaruhi pola berpikir dan perasaanmu juga.



Katakanlah kamu nggak mau overthinking dan nggak mau galau. Eh, tapi kamu malah buka quotes yang galau-galau, nonton tiktok atau reels yang bikin overthinking, dan terus scroll medsos meski kamu punya pilihan untuk berhenti dan mengontrol asupan dirimu.


Jadi, sebenarnya pemicu-pemicu overthinking dan kecemasan berlebih itu bisa dikontrol. Kamu bisa memberi jarak dengan bacaan atau tontonan yang bikin kamu overthink, kamu bisa beristirahat dari media sosial juga, dan kamu bisa lebih fokus pada hal-hal yang perlu kamu lakukan—tanggung jawab dan pekerjaanmu.


Maka, mulai sekarang cobalah untuk mengontrol asupan dirimu agar perasaan dan pikiran pun bisa ikut terkontrol. Semoga #SelaluBertumbuh menjadi pribadi yang mampu mengontrol diri, ya! #TemaniTeman


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All