• klik klas

Kata Orang Pun Perlu Disaring

Mereka bilang, kamu tidak perlu bersekolah tinggi-tinggi karena kamu adalah perempuan yang akan kembali ke dapur setelah menikah nanti.


Mereka bilang, kamu laki-laki yang tidak akan pernah berhasil karena selalu berpindah tempat kerja, seolah mereka tahu apa yang kamu hadapi di setiap pekerjaanmu.


Mereka bilang, kamu harus menguruskan badan atau mungkin menambah berat badan karena menurut mereka tidak akan ada yang mau mendekat dengan orang yang tidak ideal bentuk tubuhnya.



Mereka bilang ini, mereka bilang itu, semuanya masuk begitu saja dalam telingamu dan kamu pun mulai mencemaskan hidupmu. Tak jarang, mungkin kamu merasa pendapat mereka benar termasuk akibat yang mereka bawa dalam pendapat mereka. Hingga akhirnya kamu merasa benar-benar telah menjadi orang yang gagal, yang tidak perlu bersekolah tinggi, yang harus terus memuaskan apa kata orang agar kamu berhasil.


Klikers dan Teman Baik, jangan biarkan kata-kata orang melemahkan dirimu. Jangan biarkan keinginan-keinginan mereka membuatmu memendam keinginan dan cita-citamu sendiri. Sadarlah bahwa kamu bukan pemuas dari segala keinginan orang lain.



Terkadang, kamu perlu menyaring perkataan mereka. Ambil baiknya untuk membuatmu #SelaluBertumbuh dan memperbaiki diri. Namun, buang buruknya, buang segala pendapat dan asumsi yang tak berdasar dari mereka. Fokuslah pada hal-hal yang bisa dan perlu kamu lakukan dalam hidupmu.


Kamu tidak akan pernah bisa menutup seluruh mulut manusia di dunia ini. Namun, kamu selalu bisa menutup kedua telingamu agar tetap mampu menyaring kata-kata yang memang berguna bagi dirimu. Sama halnya seperti kamu tidak akan pernah bisa membahagiakan semua orang. Oleh karena itu, fokuslah pada hal-hal yang bisa membahagiakanmu dan membuat dirimu bermanfaat di mana pun kamu berada.


Fokus pada tujuan hidupmu dan apa-apa yang ingin kamu raih. Tentunya, bukan berarti kamu benar-benar menutup telinga atas perkataan orang. Sesekali, tak apa dengarkan mereka. Siapa tahu ada hal-hal yang tak bisa kamu lihat dan hanya bisa mereka lihat. Hal-hal yang sebenarnya bisa membuatmu lebih berkembang di masa depan. Pertimbangkan itu, tetapi jangan mentah-mentah kamu terima sehingga membuat dirimu tidak nyaman.


Selamat bertumbuh dan berproses! #TemaniTeman


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All