• klik klas

Karakter yang Harus Dimiliki Jika Ingin Jadi Pengusaha


Halo, Klikers dan Teman Baik!


Semakin ke sini, semakin banyak orang-orang yang membuat start-up, membuka bisnis, dan usaha-usaha lain yang berkaitan dengan jual beli. Selain karena ingin membuka lapangan pekerjaan sendiri, para pengusaha ini pun ingin mandiri secara finansial dan tidak ingin bergantung pada gaji dari orang lain.


Apa kamu berminat menjadi salah satu pengusaha dan pebisnis di Indonesia?


Jika iya, ada 3 karakter yang perlu kamu miliki sebelum kamu terjun ke bidang tersebut. Karakter-karakter itu antara lain:



1. Logis

Untuk menjadi pengusaha, kamu perlu logis dalam mengambil keputusan. Apalagi yang menyangkut pendanaan dan untung rugi. Libatkan alasan-alasan logis dan kesampingkan sejenak melibatkan perasaan. Terlebih jika ada yang menawar jasamu dengan harga teman. Jangan semata-mata meng-iya-kan karena kamu tidak enak dengan temanmu, ya! Memang sesekali tak apa melibatkan perasaan. Namun, kalau kamu terus melibatkan perasaan dalam mengambil keputusan, bisa-bisa usahamu rugi sebelum berkembang.




2. Kritis

Logis dan kritis sebenarnya menjadi satu kesatuan. Namun, selain kritis dalam mengambil keputusan, kamu pun perlu kritis dalam melihat tren dan menyusun strategi. Membangun bisnis dan usaha bukanlah hal yang mudah, terlebih dengan tren yang sering kali berubah. Maka, tugasmu adalah melihat tren dan peluang pasar, serta menganalisisnya dengan kritis sebelum menyusun strategi atau memilih bidang bisnis yang akan kamu jalani.




3. Terbuka

Terbuka pada kritik dan saran tentu menjadi kunci penting saat kamu akan menjalankan usaha sendiri. Mungkin, kamu bukanlah orang pertama yang bergerak di bisnis yang kamu geluti. Belajarlah dari orang lain, dari ahli, pun dari orang-orang awam yang akan menjadi target pasar. Belajar tentang kebutuhan dan keinginan mereka, terbuka akan perkembangan zaman, dan terbuka pada segala kemungkinan keputusan yang akan kamu ambil. Terkadang, ada saat kamu harus mengubah keputusan karena ternyata keputusan sebelumnya tidak menguntungkan bagi usahamu.


Menjadi pribadi yang logis, kritis, dan terbuka pada kritik dan saran adalah beberapa kriteria utama untuk jadi pebisnis versi #TemaniTeman. Kalau kamu punya kriteria lain versimu, boleh loh berbagi bersama di kolom komentar atau bagikan tulisan ini ke teman-temanmu sebagai bahan diskusi.


Semoga kamu bisa #SalingBertumbuh dan menjadi pebisnis yang sukses, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

1 view0 comments

Recent Posts

See All