• klik klas

Kapan Terakhir Kamu Ngobrol Langsung Sama Keluarga Tanpa gangguan HP?

Halo, Teman Baik!

Saat-saat di rumah aja seperti ini, tentu membuatmu lebih banyak berselancar di dunia online untuk tetap terhubung bersama teman-teman, ya. Hingga terkadang, kalau ada anggota keluarga yang ingin sharing atau berbicara denganmu, kamu pun masih asyik dengan ponsel serta media sosialmu.

Mungkin, kamu perlu belajar untuk menjeda diri sejenak dari dunia maya dan benar-benar memperhatikan apa yang terjadi di sekitar. Bayangkan, tentu kamu pun tidak suka, ‘kan, kalo orang lain tidak benar-benar memperhatikanmu saat kamu sedang bicara pada mereka?


Tersebab pembatasan kegiatan masyarakat, keluarga menjadi satu-satunya yang rutin kamu temui setiap hari selama 24 jam. Keluarga pula yang hadir secara fisik dan nyata di hadapanmu setiap hari. Berbeda dengan teman online yang kadang on, kadang off. Jangan sampai, rasa asyik bermain dengan ponsel membuatmu tidak here and now saat ada anggota keluarga yang butuh perhatianmu.

Meletakkan ponsel saat kumpul keluarga menjadi salah satu pilihan agar kamu bisa benar-benar terlibat dan fokus pada hubungan keluarga. Menanggapi perkataan dan mendengarkan mereka dengan sepenuh jiwa raga bisa membuat hubungan yang terjalin semakin erat serta penuh penghargaan. Siapa, sih, yang nggak suka dihargai dan diperhatikan?


Tentu hal ini akan memunculkan emosi positif antar kamu dan keluargamu. Biasanya, apa yang kamu lakukan pun akan timbal balik pada dirimu. Saat keluarga membutuhkan dan kamu benar-benar hadir terlibat, mereka pun akan belajar untuk melakukan hal yang sama sepertimu. Pun jika mereka tidak seperti itu, kamu bisa menjadi pelopor here and now dalam aktivitas keluarga loh!


Kadang, disadari atau pun tidak, bukan rasa senang akan suatu hal yang memunculkan kebahagiaan. Namun, keterlibatan penuh dalam suatu hal—yang disenangi maupun tidak—bisa memunculkan rasa puas karena mampu menyelesaikannya dengan baik hingga rasa puas itu memunculkan bahagia.

Bingung?

Daripada bingung, mending kamu cobain sendiri. Coba untuk benar-benar hadir dan terlibat dalam setiap obrolan dan aktivitas keluarga. Suka atau tidak dengan aktivitas itu, cobalah untuk berusaha benar-benar tune in—seperti saat kamu begitu serius berselancar di dunia maya hingga tak peduli apa pun yang terjadi di sekitar.


So, kapan terakhir kali kamu benar-benar terlibat dengan keluargamu tanpa terganggu notifikasi ponsel yang terus masuk?

2 views0 comments

Recent Posts

See All