• klik klas

Kapan Terakhir Kamu Memeluk dan Menepuk Dirimu?

Klikers dan Teman Baik...

Bagaimana kabarmu hari ini? Apakah semua rencana berjalan lancar? Ataukah banyak rintangan yang menghadang?


Bagaimanapun kondisinya, selamat, ya, kamu sudah sampai di titik ini dalam hidupmu. Mungkin, tak banyak yang menyadari perjuanganmu, tak banyak pula yang mengerti kesulitanmu, bahkan mungkin tak ada telinga yang mampu mendengarkanmu dengan sepenuh hati.



Untuk kamu yang masih merasakan beban berat di pundak, cobalah perlahan tepuk-tepuk pundakmu. Bisikkan pada diri, “Tidak apa-apa. Beban berat ini akan segera berkurang jika kita terus berusaha.”


Yakinkan dirimu bahwa segala hal akan datang dan pergi. Kesulitan, tekanan, beban, dan segala permasalahan akan memiliki waktunya untuk berganti dengan kemudahan, kebahagiaan, dan kelapangan dalam setiap rencana. Ya, mereka akan terus berputar dalam hidup ini dan mengusik kedua pundakmu.


Mungkin, ada di antaramu yang tak memiliki lingkungan suportif dan kondusif untuk #SelaluBertumbuh. Mungkin juga, tak ada sosok yang terus menemanimu seperti kamu #TemaniTeman lainnya. Hingga mungkin kamu merasa sendiri dan tidak ada support system yang bisa membuatmu kembali bersemangat.



Ketika rasa sendiri itu hadir, sering kali kamu lupa bahwa kamu memiliki support system yang selalu ada dan tak pernah pergi jauh darimu. Mereka hanya tersembunyi dalam diri karena kamu terlalu sibuk melihat ke luar dan mengharap dari yang lainnya.


Nyatanya, dirimu sendiri adalah support system-mu. Kepercayaan dirimu, kelebihan dirimu, kesadaranmu, penerimaan atas segala kondisi dirimu, dan rasa cintamu terhadap diri sendiri sejatinya membentuk satu kesatuan support system yang mampu menunjang dirimu untuk berproses. Memang, kamu tidak hidup sendiri dan terkadang butuh orang lain untuk bersandar. Namun, tidak ada salahnya bukan menilik sejenak ke dalam diri?



Menilik dan menyadari kembali bahwa ada sebuah sistem yang terus menerus bergerak agar kamu bisa terus bertumbuh. Sistem yang bergerak dalam diri, pikiran, dan emosimu. Jangan lupakan mereka yang sejatinya ada dalam dirimu, ya. Kamu bisa kembali menguatkan support system-mu dari dalam sembari menunggu dan menjemput lingkungan terbaik yang bisa mendukungmu sepenuh hati.


Jangan lupa, peluklah dirimu dan bisikkan, “Terima kasih sudah selalu hadir dan menjadi support system pertama dalam diriku. Semoga kita tidak lelah berjuang dalam hidup, ya!”

Selamat mendekat dan kembali menyelami dirimu!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

3 views0 comments

Recent Posts

See All