• klik klas

Kapan Terakhir Kamu Bilang "Tidak" Ke Orang Lain?

Ada nggak diantara Klikers dan Teman Baik yang susaaah banget bilang ‘tidak’? Rata-rata dari kita semua memang butuh pertimbangan yang berbelit beli untuk menolak.

Mengapa ya?


Menurut studi, orang cenderung mengiyakan sekalipun mereka sebenarnya tidak suka karena takut akan penilaian orang lain terhadap dirinya. Takut dibilang nggak kompeten, pemalas, nggak mau berusaha, banyak keinginan, dan yang paling sering ditemui yakni takut hubungannya jadi rusak dengan orang yang bersangkutan.


Pada dasarnya, sifat dasar manusia adalah ingin diterima dalam lingkungan sosialnya sehingga apapun yang dilakukan akan mempertimbangkan kondisi sekitarnya.

Pertanyannya, ini baik nggak sih buat kesehatan mental kita?


Belajar dari figur influencer terkenal di dunia seperti Warren Buffet dan Steve Jobs, mereka aja bilang kalau bilang ‘tidak’ adalah kunci kesuksesan agar kita bisa fokus. Kok bisa? Ini dia tiga alasan penting versi #TemaniTeman kenapa mulai saat ini kamu jangan sungkan untuk menolak.


1. Hubungan yang sehat dimulai dari keterbukaan tanpa kebohongan

Kalau kamu menerima ajakan atau perintah seseorang hanya karena ingin membuatnya senang dan kamu dinilai baik maka artinya kedepan hubunganmu bisa saja tidak sehat. Kejujuran penting dalam komunikasi. Justru saat kamu menolak dengan argument yang sebenar-benarnya maka relasi kalian akan semakin kuat


2. Belajar untuk mencintai diri sendiri.

Mencintai diri sendiri tidak sama artinya dengan egois dan mementingkan diri sendiri, lebih daripada itu, mencintai diri artinya memahami apa yang menjadi limit diri kamu sehingga tidak memaksakan kehendak yang bisa berujung rasa frustrasi.


Kalau kamu belum mampu menerima tawaran, katakan. Itu baik untukmu dan juga orang lain. Tenang, mereka tidak akan memberi penilaian aneh-aneh kok. Malah mereka jadi tahu sebatas mana kapasitas dan bargaining mu sehingga mereka tidak bisa semena-mena terhadapmu


3. Bisa lebih fokus dan produktif

Kamu tau mana hal yang menjadi prioritas, mana yang tidak. Kalau semua kerjaan dan tuntutan kamu terima, apa kah semua akan selesai dengan hasil optimal? Tidak ada yang bisa menjamin.


Makanya, kalau kamu berani bilang tidak tandanya kamu punya waktu untuk fokus pada apa yang sedang kamu kerjaan.


Semoga Klikers dan Teman Baik dapat #SelaluBertumbuh ya! Ingat, yang terpenting bukan kebahagiaan orang lain, tapi kebahagiaanmu dulu supaya kelak kamu bisa menebar vibes positive yang berujung pada kebahagiaan orang disekitarmu juga 😊



Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya



4 views0 comments

Recent Posts

See All