• klik klas

Kapan Aku Harus Ikut Tes Minat dan Bakat?

Halo Klikers dan Teman Baik!

Kamu pasti sering banget denger yang namanya tes minat bakat. Saat masuk SMA, atau bahkan saat menuju bangku kuliah, mungkin kamu sudah beberapa kali menjalani tes minat bakat tanpa kamu sadari.


Namun, ternyata masih ada lho yang bingung kapan saatnya diri ini mengikuti tes minat dan bakat. Nah, ada beberapa kondisi yang membuat tes minat dan bakat ini menjadi penting untuk kamu lakukan yang #TemaniTeman rangkum, nih!



1. Benar-benar tidak tahu keinginan diri

Kalau kamu benar-benar bingung apa kemauanmu, apa kelebihan dan kekuranganmu, hingga tidak tahu bidang apa yang ingin ditekuni, mungkin saat inilah kamu harus mengambil tes minat dan bakat. Hasil tes minat dan bakat biasanya akan menunjukkan kekuatan dan kelemahan dirimu, utamanya secara kognitif dan kecerdasan. Kamu pun bisa mendapatkan konsultasi lanjutan dengan psikolog jika melakukan tes minat dan bakat di biro-biro psikologi yang menyediakan.

2. Memastikan kemampuan diri

Mungkin ada juga di antaramu yang sebenarnya tahu kekuatan dan kelemahan diri, tapi masih tidak yakin dengan pilihan fokus bidang yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin masuk kedokteran, tetapi kamu nggak yakin apakah dirimu mampu atau tidak secara kognitif dan emosi. Nah, ketika kamu merasakan hal ini, mungkin ada baiknya kamu coba ikut tes minat dan bakat untuk memastikan kemampuan dirimu. Jika sudah mendapatkan hasil dari tes dan konsultasi dengan psikolog, kamu bisa lebih yakin dalam mengambil keputusan.

3. Mendapatkan pilihan lain dari profesional

Kamu sudah yakin dengan fokus bidangmu, tetapi ingin mendapatkan rekomendasi lain yang sekiranya cocok dengan kemampuan diri. Nggak ada salahnya kamu coba ikut tes minat dan bakat juga untuk bisa mendapatkan pandangan lebih luas dari profesional. Dengan demikian, kamu bisa lebih terarah dalam menyiapkan masa depan.



Tes minat dan bakat sebenarnya tidak harus diikuti jika kamu sudah tahu kelebihan, kekurangan, dan bidang yang ingin kamu tekuni. Sebenarnya, apa pun rekomendasi dan hasil yang kamu dapatkan, peganglah satu prinsip ini.


Selama ada kemauan untuk menghadapi tantangan dan semangat untuk #SelaluBertumbuh, apa pun bisa kamu jalani.


So, kuncinya ada di pengenalan terhadap diri dan kemauan untuk struggle di bidang mana pun yang menjadi pilihanmu, ya. Selamat bertumbuh!

Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza

0 views0 comments

Recent Posts

See All