• klik klas

Kamu Susah Tidur? Coba Bernapas Seperti Ini!

Halo, Klikers dan Teman Baik!

Kayaknya, sejak pandemi hingga diharuskan terus berada di rumah, tugas dan pekerjaan datang tanpa henti. Tanpa sadar, mungkin kamu jadi sering begadang dan terbiasa tidur larut malam. Bahkan mungkin dini hari. Eh, atau jangan-jangan, kamu memang tipe orang yang susah tidur di malam hari?


Nah, pengen nggak, sih, supaya bisa gampang tidur kapan pun dan di mana pun?

Ada salah satu cara yang bisa digunakan supaya memudahkanmu untuk tidur dengan memanfaatkan aktivitas yang sering banget kamu lakukan. Apa itu?


Yap! Bernapas.

Mungkin kamu berpikir, kayaknya udah napas terus tapi tetap aja susah tidur. Memang napas ada cara khususnya?


Eits, jangan salah! Berdasarkan riset dan penelitian, bernapas dengan cara ini mampu membuatmu mudah mengantuk dan mempercepat diri terlelap. Nama tekniknya adalah Bernapas 4-7-8!

Pertama, pastikan kamu sudah berada di posisi ternyaman untuk tidur. Mungkin bisa juga sesuaikan tinggi bantal, redupkan lampu, dan lakukan rutinitas sebelum tidur yang biasa kamu lalukan. Setelah berbaring dan siap, kamu bisa mulai melakukan teknik bernapas ini.

Kedua, setelah nyaman berbaring, cobalah untuk menarik napas dalam selama 4 detik.


Ingat, tarik napas selama 4 detik melalui hidung dan biarkan perutmu mengembang—ini menggunakan pernapasan diafragma, ya!


Ketiga, setelah menarik napas selama 4 detik, cobalah untuk tahan napas selama 7 detik. Lalu, embuskan napas perlahan melalui mulut dalam hitungan 8 detik.

Kamu bisa melakukan teknik ini beberapa kali sampai rasa kantuk hadir. Biasanya, sih, 4 kali percobaan saja cukup untuk membuatmu mengantuk. Perlu diingat juga, jauhkan benda-benda elektronik seperti ponsel supaya tidak membuatmu kehilangan fokus dalam bernapas.


Teknik 4-7-8 ini melatihmu untuk fokus dengan napas dan lebih mindful terhadap tubuh, loh! Namun, jangan lakukan teknik pernapasan ini kalau kamu sedang berkendara. Bahaya, kan, kalo lagi mengendarai motor atau mobil, terus kamu malah ngantuk. Cukup lakukan teknik ini jika kamu benar-benar ingin tidur dan istirahat dari lelahnya rutinitas harian.


Semoga kamu bisa memiliki kualitas tidur yang baik dan #SelaluBertumbuh dengan energi positif setiap harinya! Terus baca artikel keren dari #TemaniTeman, ya!


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.




3 views0 comments

Recent Posts

See All