• klik klas

Kamu Suka K-Pop Dan Aku Suka Anime

Hai, Klikers dan Teman Baik! Masih setia dong bersama #TemaniTeman!

Pernah nggak, sih, ketika kamu menyukai sesuatu, tetapi teman-temanmu justru mengolok-olok dan enggan bergaul denganmu?


Secara sosial manusia cenderung mengikuti lingkungannya untuk bisa mendapatkan penerimaan dan tempat berbaur.


Terkadang, hal itu membuat dirimu jadi takut untuk lebih terbuka dengan hal-hal yang kamu sukai karena tidak sejalan dengan selera maupun harapan orang lain. Kamu jadi menyembunyikan dirimu yang sebenarnya dan terseok-seok mengikuti tren dari orang lain.

Tuntutan lingkungan agar kamu menyukai apa yang mereka sukai mungkin membuatmu terkekang untuk menjadi diri sendiri. Tentunya, hal ini menjadi tidak sehat, ya, dalam dirimu.


Rasanya ingin bebas mengekspresikan diri, tetapi perkataan orang lain dan teman-teman membuatmu khawatir tidak diterima di lingkungan.


Padahal, tidak ada yang salah dengan perbedaan selera. Mungkin teman-temanmu suka K-Pop, tetapi kamu suka Anime, atau sebaliknya. Perbedaan selera ini justru bisa membuatmu dan teman-teman jadi saling berbagi hal baik yang mungkin kalian temukan di masing-masing hal yang disukai. Perbedaan yang ada bukanlah untuk saling mengejek satu sama lain.

Menghargai perbedaan selera tentu bisa membuat hubungan sosial kita semakin sehat. Mungkin memang perlu waktu untuk bisa membuat orang lain mengerti bahwa perbedaan selera hadir bukan untuk saling mewarnai menjadi warna yang sama.


Namun, bisa menjadi cara untuk berkolaborasi menciptakan berbagai hal. Semua itu tidak akan terjadi jika tidak ada yang memulai.


Semua bisa dimulai dari dirimu!

Perlahan, bebaskan diri dari belenggu tren dan keharusan mengikuti kesukaan lingkungan. Merdekakan dirimu untuk mengekspresikan hal-hal yang kamu sukai. Tentunya, selama hal itu baik, tidak masalah.


Misalnya, buat kamu yang suka nonton anime atau drama korea, bisa loh berbagi value hidup yang kamu dapat usai nonton salah satu serial. Buat kamu yang cinta banget sama kebudayaan Indonesia, juga jangan malu untuk mengungkapkan kecintaanmu di tengah arus globalisasi budaya luar yang mulai mengisi.

Berbeda selera dengan orang lain tentu tidak masalah. Hanya, satu hal yang perlu kita sepakati bersama adalah, teruslah berbagi hal-hal yang baik agar kita bisa #SelaluBertumbuh bersama.


Setiap hal yang disukai tentu ada positif dan negatifnya. Maka, bagikan hal positif dari apa yang kamu sukai dan buang jauh-jauh hal negatif yang ada di dalamnya.

So, beda selera, why not?


Tentang Penulis

Anisa Zahra Wijayanti Nugroho, S.Psi.

Penulis yang pernah menempuh pendidikan di Fakultas Psikologi UGM dan sudah menghasilkan beberapa karya/buku, baik fiksi maupun non-fiksi. Mau kenalan lebih jauh? Langsung meluncur aja ke Instagram @anisaanza.

1 view0 comments

Recent Posts

See All