• klik klas

Kalau Udah Gagal Terus. Ya Gapapa Sih!



Haloo Klikers dan Teman Baik, kalau dari judulnya kita udah tau yaaa mau ngomongin apa, ya betul. Kita lagi mau ngomongin tentang kegagalan. Siapa di sini yang pernah mengalami kegagalan? Ada nggak ya di dunia ini yang nggak pernah mengalami kegagalan? Kayaknya semua orang bisa kita pastikan pernah mengalami kegagalan nggak sih? yang membedakan hanya bentuk kegagalannya aja, mungkin ada yang besar banget, lumayan besar dan bahkan kegagalan yang biasa aja.


Klikers dan Teman Baik, kita semua sadar bahwa kegagalan itu memang terkadang tidak menyenangkan dan membuat kita stress, sedih bahkan ngerasa nggak berharga.


Kita merasa kita sudah melakukan yang terbaik tapi kok tetap gagal, kita merasa seakan akan semesta nggak mendukung kita untuk mendapatkan takdir terbaik, kadang kita merasa semesta nggak adil pada kita. Kenapa orang lain terus yang berhasil tapi kita nggak?


Apalagi ketika misalnya kita ikut lomba atau give away, kita ajak teman kita untuk ikutan juga. Eh ternyata yang menang teman kita yang kita ajak. Sakitnya kadang kerasa banget meskipun nggak berdarah. Padahal kan seharusnya kita senang ya karena teman kita menang tapi wajar ko ada perasaan sedih juga. Namanya juga kita manusia biasa, nggak sempurna.



Balik lagi ke topik kegagalan, mungkin kita pernah menyesali kita kan udah banyak menginvestasikan waktu, tenaga, materi, psikis untuk memperjuangkan sesuatu tapi ko ya kita gagal dan gagal terus. Kita mungkin menyesal karena hasilnya nggak sesuai yang kita harapkan, tapi coba deh kita ganti persefektifnya Klikers dan Teman Baik, kita nggak perlu menyesali apa yang sudah kita lakukan karena bagaimanapun itu adalah bagian dari proses dalam kehidupan. Ketika hasilnya nggak sesuai nggak papa, jangan merasa apa yang telah kita lakukan selama ini ternyata sia sia.


Kita sedang berproses, kita belajar, hasil akhir jangan dijadikan satu satunya orientasi dalam kita melakukan sesuatu karena hasil tidak akan selalu didapat seperti apa yang kita harapkan.


Kita harus selalu memberikan ruang untuk dibuat kecewa oleh keadaan agar ketika sakit karena gagal kita sudah mempersiapkan itu. Aku tau itu nggak mudah semudah menuliskanya hari ini tapi aku percaya ini adalah bagian dari pendewasaan untuk memaknai kegagalan.



Jadi semangat terus yaa Klikers dan Teman Baik.

Jangan lupa untuk #SelaluBertumbuh bersama #TemaniTeman

Tentang Penulis

Deli Fatmawati S,Psi

Deli adalah penulis buku anak dan sudah menulis tiga buku anak, senang berdiskusi tentang mental heatlh, self development dan islam.

Temukan tulisan Deli lebih banyak di instagram @Delifatmawati


2 views0 comments

Recent Posts

See All