• klik klas

Journaling: Perjalanan Memperbaiki Suasana Hati

Manusia terlahir dengan beragam emosi. Ada sedih, kecewa, marah, bahagia, puas, semangat, takut, dan ekspresi emosi lainnya. Banyak peristiwa dalam kehidupan yang memengaruhi emosi kita. Waktu diterima di sekolah favorit, ditolak di universitas ternama, gagal mendaftar beasiswa, wisuda dengan predikat cumlaude, merantau, ditinggal menikah, berita kriminal yang berseliweran di media, dan sederet kejadian lain yang membuat diri kita bergejolak dan perasaan kita up and down.

"Sedih tidak selamanya, sebab bahagia pun kadang sementara. Gelak tawa tidak seterusnya karena air mata pun kadang kemana-mana. Ya, nggak Klikers?"

Nah Klikers, banyak cara bisa kamu lakukan untuk meredakan emosi negatif yang sedang kamu rasakan. Ada yang memilih untuk menyendiri dulu alias me time. Ada juga yang merasa lebih baik setelah bertemu dengan teman-teman. Sayangnya, di masa pandemi Covid-19 ini tentu tidak mungkin untuk berkumpul dengan teman-teman kan..


jadi kamu bisa coba aktivitas yang satu ini.


Journaling! Sederhananya adalah menulis.


Biar lebih asyik, kamu bisa pasang headset dan putar lagu kesukaan kamu sambil menuangkan isi hati dan isi pikiran. Ditemani makanan minuman favorit seru juga!


"Penelitian menunjukkan bahwa menulis memiliki potensi terapeutik atau menyembuhkan karena alih-alih memendam emosi negatif, kamu bisa mengeluarkannya lewat tulisan."

Langkah-langkah untuk nulis jurnal harian bisa dimulai dari membuat kolom mood tracker untuk melacak suasana hati kamu hari itu. Nanti setelah sebulan, kamu bisa evaluasi emosi apa yang dominan dalam dirimu. Kalau sedih yang dominan misalnya, alangkah lebih baik kamu mencari solusi agar kesedihanmu tidak berlarut-larut. Kamu juga bisa tambahkan kolom I am grateful for… atau Aku bersyukur karena…


dan tuliskan hal kecil apa saja yang membuat kamu bersyukur. Misalnya bersyukur karena bisa makan nasi padang. Sesimpel itu. Supaya lebih bagus lagi, kamu boleh tulis tentang Kindness atau cerita kebaikan. Kebaikan yang sudah kamu lakukan untuk sekitar dan kebaikan yang sudah orang lain lakukan untukmu. Coba kamu baca ulang kolom Kindness setelah 30 hari berlalu, kamu akan mudah menyadari betapa banyak kebaikan yang ada disekitarmu.


Buat jurnal harian kamu sekreatif mungkin. Bisa kamu tambahkan kolom agenda harian, belanja bulanan, dan sebagainya dengan gambar, warna warni spidol, sticker, foto, dan ornamen lain yang menambah semangatmu menulis. Oiya, kunci keberhasilan dalam proses journaling ini adalah konsistensi.


Lewat journaling kamu bisa mengenal dirimu seutuhnya dengan lebih baik, mengatur emosi agar tidak menggebu-gebu, serta lebih dekat dengan ketenangan dan rasa syukur.


Jurnal bisa menjadi teman ceritamu 24 jam. Dia tidak akan mengeluh dan memberi komentar buruk, dia justru akan siap menerima ceritamu setiap hari.

Sudah siap membuat jurnal?

Baik selamat mencoba, Klikers!

32 views0 comments

Recent Posts

See All