• klik klas

Jika Cita-Citamu Berbeda dengan Kariermu Saat ini, Maka…

Ada satu judul buku yang menarik, tulisannya “Your Job Is Not Your Career”. Klikers dan Teman Baik setuju nggak kalau pekerjaanmu bukanlah kariermu?

Ada orang yang cita-citanya bekerja di bidang industri misalnya, tapi dia nggak enjoy. Ada juga yang nggak pernah terbayang akan menjadi fotografer handal, padahal latar belakangnya pendidikan geologi.


Banyak hal bisa berubah ditengah-tengah dinamika kehidupan kita. Sebagai manusia dewasa, kamu harus pintar-pintar untuk beradaptasi dengan perubahan. Apa yang menurutmu buruk belum tentu buruk, apa yang menurutmu baik belum tentu juga baik. Jadi, hadapilah yang sedang kamu kerjakan saat ini😊


Tapi nggak cuma asal menghadapi, kamu harus membekali diri dengan prinsip hidup sebagai pegangan kamu kalau suatu saat kamu jatuh ataupun saat kamu #TemaniTeman yang sedang membutuhkan motivasi.


Pertama-tama belajarlah untuk memiliki pola pikir terbuka. Terbuka pada kesempatan, terbuka pada kegagalan, terbuka pada banyak pilihan. Eksplor sebanyak-banyaknya pengetahuan diluar sana!


Setelah dirasa cukup, segera tumbuhkan minat dan buat langkah-langkah yang bisa mencapai tujuanmu. Walaupun sudah ada rencana, tidak menutup kemungkinan kamu beralih ke minat lain.


Contohnya, dari awal kamu tertarik dengan bidang teknologi atau profesi UI/UX Researcher, tetapi dalam prosesnya kamu menemukan keinginan untuk jadi Youtuber. It`s okay. Siapa tahu rezekimu ada disitu. Intinya lakukan apa yang membuatmu senang ya Klikers dan Teman Baik.

Kenapa harus bahagia? Karena perasaan positif ini yang membantu kita bertahan di situasi yang rumit. Meskipun gaji tidak besar dan pekerjaan membuat lembur bertubi-tubi, tapi jika kamu senang melakukannya maka itulah panggilan hatimu. Its your call! Bahagia juga menunjukkan adanya ketulusan hati dalam menjalani peran.


Tulus maknanya luas. Saat kamu jujur dalam pekerjaan, loyal pada tanggung jawab, dan bisa menghargai orang lain tandanya kamu tulus. Bukan pekerjaan yang membuatmu #SelaluBertumbuh, tapi kebaikan hati yang menciptakan kenyamanan dalam bekerja.

So, jika cita-citamu berbeda dengan kariermu saat ini, artinya kamu perlu stok ketulusan lebih besar untuk menghadapinya. Hanya dengan itu kamu bisa menerima kenyataan dengan lapang dada.



Tentang Penulis

Nurkhalisha Ersyafiani, S.Psi

Halo Klikers dan Teman Baik, saya Ersya. Saat ini, sedang menempuh pendidikan Magister Psikologi di Universitas Gadjah Mada. Saya senang belajar tentang dinamika kehidupan manusia, berbagi cerita, juga menulis artikel seputar kesehatan mental dan pengembangan kepribadian. Ngobrol yuk via Instagram di @nurkhalishaersya

1 view0 comments

Recent Posts

See All